Kacial Kombo, Burung Ocehan Asli Indonesia


Kacial Kombo? Pasti anda bertanya-tanya mengenai jenis burung ocehan yang satu ini karena saya yakin kebanyakan dari para pembaca cukup asing mendengar nama burung yang satu ini. Kacial Kombo adalah nama burung ocehan asli Indonesia yang memiliki suara merdu yang jika dilatih secara berkelanjutan maka suaranya bisa sangat merdu dan manut pada pemiliknya.

Isap madu adalah nama lain dari burung kacial kombo yang akrab dipanggil oleh kebanyakan orang-orang di berbagai daerah yang terdapat spesies burung kacial kombo. Tapi yang perlu diperhatikan adalah burung ocehan kacial kombo termasuk jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena populasinya yang terancam punah sehingga tidak diperbolehkan lagi memburunya di habitat aslinya. Burung Kacial Kombo yang merupakan burung ocehan asli Indonesia disebabkan daerah penyebarannya di sebelah barat garis wallace.

Yang mana daerah-daerah yang ditinggali oleh burung kacial kombo adalah Pulau Bali dan Nusa Tenggara yang dimulai dari Lombok Timur. Dan juga burung ini memiliki kekerabatan yang dekat dengan burung brown honeyeater (Lichmera indistincta) sehingga tampak begitu mirip yang habitat hidupnya di pulau Aru, Papua Nugini sampai ke daratan Australia. Melihat golongan keluarganya burung kacial kombo dikelompokkan ke dalam keluarga burung Meliphagidae yang berpostur tubuh kecil.

Bicara ciri-cirinya, burung kacial kombo memiliki ciri-ciri fisik yang cukup menakjubkan untuk disimak oleh para pembaca. Ukuran rata-rata postur tubuh dari spesies burung isap madu termasuk di dalamnya burung kacial kombo sekitar 12 – 16 cm saja, dadanya berwarna putih dengan bercak kehitaman yang tipis, pada kedua sayapnya tampak warna kuning pada ujung sayapnya dan warna coklat pudar yang tampak di sayapnya sampai ke pundaknya. Ekornya sama seperti dengan burung prenjak jawa yang panjangnya tak lebih dari 5 cm yang berwarna putih polos. Sedangkan paruhnya sedikit panjang karena sering difungsikan untuk mengisap nektar pada putik bunga.



Burung kacial kombo jikalau berkicau maka karakteristik suaranya yang khas adalah melengking keras dan bervariasi yang bisa didengarkan pada burung kacial kombo jantan. Di Indonesia yang merupakan habitat aslinya biasanya burung kacial kombo gemar bertengger dan tinggal di hutan yang rindang dekat dengan mata air seperti di hutan bakau, perkebunan kelapa, hutan tropis, dan pinggiran sungai yang di sisinya masih terdapat pepohonan yang rindang. Makanan favoritnya di hutan ialah serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, tawon kecil, dan juga ulat. Burung kacial kombo juga senang dengan nektar yang terdapat pada putik bunga yang masih muda. Menarik untuk dibaca ialah dari gayanya berburu serangga di hutan dengan melakukan berbagai gaya terbang akrobatik agar dapat menemukan berbagai jenis serangga kecil untuk dilahapnya.

Di hutan burung kacial kombo jantan akan membangun sarangnya di atas pepohonan tinggi yang mencapai 5 meter. Bahan yang digunakan untuk membangun sarangnya ialah ranting pohon, bulu-bulu halus, dan rerumputan yang sudah kering. Pada musim kawin burung kacial jantan akan mati-matian menjaga daerah kekuasaannya dan sarangnya dengan berkicau merdu di atas sarangnya untuk memikat burung kacial kombo betina.

Yup, inilah catatan singkat mengenai burung kacial kombo yang merupakan jenis burung ocehan asli Indonesia. Sehingga bagi anda yang tertarik dengan burung kacial kombo sebaiknya membelinya di penangkaran dan tidak menangkapnya di hutan karena burung ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia disebabkan populasinya yang sudah terancam. Dari itu jika anda mendapatkan burung kacial kombo yang anda inginkan semoga bisa dilatih menjadi burung master yang dapat berkicau merdu dan patuh kepada anda.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2012/12/31/burung-kecial-kombo-kecil-kecil-bagus-juga-ocehannya/
http://www.kicaumania.or.id/forums/showthread.php?50287-rawatan-kecial-combo
Gambar:
http://jenisburung.com/wp-content/uploads/2013/05/cucak-kombo.jpg

Kacial Kombo, Burung Ocehan Asli Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top