Mengenal Kepompong Sebagai Makanan Alternatif bagi Burung Kicauan


Kita tentu sudah pada mengetahui berbagai makanan alternatif untuk burung kicauan yang umumnya berasal dari jenis hewani seperti jangkrik, ikan guppy, ulat, kroto, dan masih banyak lagi. Tentunya pula kita tahu bahwa khasiat yang ditawarkan oleh makanan alternatif ialah burung cepat gacor, staminanya terjaga, dan yang terpenting kicauannya semakin indah terdengar. Nah, ada satu jenis makanan untuk burung ocehan yang dapat dijadikan sebagai makanan alternatif yang bernutrisi tinggi. Nama makanan tersebut sudah tidak lagi asing bagi para pembaca sekalian yakni Kepompong.

Ya, kepompong adalah suatu bentuk metamorfosa terakhir dari berbagai jenis ulat untuk menuju ke bentuk serangga yang sempurna yakni kupu-kupu, kumbang, ataupun lebah. Pupa yang merupakan nama latin dari kepompong sudah sangat familiar bagi kalangan masyarakat kita yang banyak dijumpai di antara pepohonan seperti pohon pisang. Kepompong biasanya tergantung pada ranting-ranting pohon yang bentuknya agak besar dan keras bila disentuh. Bagi masyarakat sendiri di beberapa daerah terkadang kepompong dijadikan sebagai menu untuk dimakan karena mengandung banyak nutrisi seperti kandungan proteinnya bisa mencapai 65 % sedangkan kandungan lemaknya hanya sekitar 10 %. Dan umumnya jenis kepompong yang dikomsumsi oleh sebagian masyarakat ialah yang berasal dari ulat jati.


Gambar 1. Kepompong

Nah, untuk burung ocehan pun begitu juga yakni kepompong aman untuk dikonsumsi asal tidak berlebihan atau over. Kepompong bila disantap oleh burung kicauan pemakan serangga seperti murai batu, anis, kacer, dan lain-lain manfaatnya ada banyak sekali yakni dapat menjernihkan kicauan terdengar semakin merdu, burung pun lebih aktif berkicau, mental burung semakin bagus, dan ia lebih atraktif. Di samping itu juga, kandungan nutrisi yang lain pada kepompong selain lemak dan protein ialah adanya natrium, kalsium, fosfat, dan kalium. Bahkan juga terkandung di dalamnya banyak vitamin seperti vitamin B1, B2, dan C serta asam folat dan asam nikotinat.

Dan juga, umumnya jenis kepompong yang biasanya digunakan untuk dikonsumsi oleh burung kicauan ialah yang berasal dari ulat sutera dan ulat jati. Sebab di beberapa negara seperti malaysia, vietnam, dan thailand memanfaatkan kedua jenis kepompong dari ulat tersebut untuk diberikan sebagai makanan alternatif bagi burung ocehannya. Sehingga tak salah untuk menirunya di negara kita ini.

Sedangkan untuk pemberian kepompong kepada burung kicauan ada banyak cara yang disesuaikan menurut kemampuan burung ocehan dalam memakannya. Cara pertama, dapat dengan membuka kulit kepompong yang terkenal keras dengan mencucukkan lidi atau sejenisnya lalu digantungkan pada sela-sela sangkar burung. Cara kedua, dapat pula merebusnya agar kulit dan daging di dalam kepompong menjadi lunak atau tidak mengeras sehingga memudahkan bagi burung kicauan menggigitnya. Dan cara ketiga, dapat juga dengan mengubah kepompong dalam bentuk tepung yang tujuannya sama agar burung kicauan mudah dalam mengonsumsinya.

Di samping itu dengan tingginya kandungan protein pada kepompong tidak dianjurkan bagi burung ocehan mengonsumsinya sering-sering. Artinya pemberian pakan kepompong untuk burung ocehan dapat dilakukan sewajarnya karena dampaknya bisa memburuk bila burung ocehan mengonsumsinya secara berlebihan.

Demikianlah penjelasan mengenai kepompong yang sudah dimanfaatkan oleh para pemelihara burung ocehan di luar negeri untuk dimakan burung ocehannya. Dan tak salah bila mencobanya untuk burung ocehan anda dengan memperhatikan jenis kepompongnya dan tetap jangan berlebihan burung ocehan mengonsumsinya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2015/02/04/kepompong-ef-alternatif-berprotein-tinggi-untuk-burung-kicauan/
http://omkicau.com/2015/02/04/kepompong-ef-alternatif-berprotein-tinggi-untuk-burung-kicauan/2/
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/12/15/mf2tlg-kepompong-ulat-kaya-protein

Gambar:
1. http://www.gambarbinatang.com/2013/01/gambar-kepompong-kupu-kupu-cantik.html

Mengenal Kepompong Sebagai Makanan Alternatif bagi Burung Kicauan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top