Mengenali Manfaat Buah Sawo Bagi Burung Ocehan


Bagi burung ocehan pemakan buah-buahan dan nektar tidak bisa dilepaskan menunya dari namanya buah. Baik itu buah-buahan untuk makanan pokoknya ataupun sebagai selingannya saja. Jenis-jenis buah yang umumnya dimakan oleh burung ocehan ada banyak sekali di antara buah Pepaya, Pisang, Jeruk, Kelengkeng, bahkan Sawo. Di antara banyaknya jenis buah tersebut terdapat satu jenis yang biasanya dimakan oleh burung kicauan sebagai selingan tapi memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk burung ocehan itu sendiri. Nama buah tersebut adalah buah Sawo.

Tentunya sudah akrab kita semua mengenai buah Sawo yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional yang dijual dengan harga murah. Dagingnya pun manis dengan mengeluarkan air yang agak lengket saat kita memakannya. Buah Sawo tidak hanya diminati oleh kalangan masyarakat saja melainkan juga burung ocehan pun suka terhadap buah Sawo. Dalam memandang khasiatnya bagi manusia saja bahwa buah Sawo sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tulang, menjaga kesehatan ibu-ibu hamil, mampu untuk mempercepat pengeringan luka, dan juga bisa mengobati masalah insomia.


Gambar: Buah Sawo untuk Burung Ocehan

Adapun banyaknya khasiat yang terdapat dalam buah Sawo tak terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam dagingnya. Dan di antara nutrisi-nutrisi tersebut adalah terdapatnya berbagai jenis Vitamin (Vitamin A, B1, dan C), kalium, kalsium, energi, fosfor, lemak, karbohidrat, protein, zat besi, dan natrium. Di antara banyaknya nutrisi yang terdapat pada buah Sawo kandungan terbesar berada di bagian energi mencapai 92 kkal. Yang tentunya juga dapat membantu menambah stamina disaat lelah.

Sedangkan bagi burung ocehan sendiri yang memakan buah Sawo manfaat yang diterimanya ialah mampu menjaga stamina agar tidak mudah lelah yang hal ini karena tingginya kandungan gula dan jumlah energi kalorinya yang mencapai 92 kkal. Sehingga bila burung ocehan tampak sedang lelah atau kurang bersemangat dapat diberikan daging buah Sawo secukupnya saja untuk mengembalikan staminanya. Manfaat lainnya dari buah Sawo ialah dapat membuat burung ocehan lebih rajin atau aktif berkicau dibanding waktu-waktu sebelumnya. Hal ini sangat berguna bila buah Sawo diberikan pada burung ocehan bakalan atau yang masih muda agar membuatnya bisa lebih aktif berkicau.

Buah Sawo bukanlah sebagai makanan pokok yang harus diberikan setiap hari pada burung ocehan. Pemberian buah Sawo untuk dimakan burung ocehan dapat dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu atau per dua minggu sekali. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan getah pada sisi kulit yang menempel dibagian permukaan daging buahnya dapat menyebabkan gangguan pencernaannya. Sedari itu buah Sawo yang dimakan oleh burung ocehan dapat diibaratkan sebagai ekstra foodingnya yang pemberiannya tidak dibolehkan sering-sering. Adapun untuk kualitas buahnya sangat dianjurkan memilih buah yang sudah matang tapi jangan sampai membusuk. Artinya agar kesegaran buah Sawo tersebut dapat dirasakan sepenuhnya oleh burung ocehan.

Demikianlah pembahasan mengenai buah Sawo sebagai makanan selingan atau ekstra fooding untuk burung ocehan yang mempunyai beragam khasiat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2013/07/31/sawo-untuk-burung-pemakan-buah-nektar/
http://www.constiti.com/2013/09/kandungan-gizi-buah-sawo.html
http://www.wesehat.com/2014/10/9-manfaat-buah-sawo-untuk-kesehatan.html

Gambar:
http://www.108csr.com/default/do-you-know/2012/12/31/2793/Khasiat-Buah-Sawo-bagi-Tubuh

Mengenali Manfaat Buah Sawo Bagi Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top