Asupan Penting Untuk Burung Kenari Peliharaan Anda


Apakah Anda termasuk seorang pemelihara burung kenari di rumah?

Jika ya, tentunya Anda harus memperhatikan semua asupan makanan yang diberikan pada burung kenari peliharaan Anda. Karena asupan makanan sangat penting dan sangat diperlukan oleh tubuh si burung dalam meningkatkan ketahanan dan kesehatannya.

Apa saja asupan makanan yang harus diberikan pada burung kenari peliharaan Anda agar kondisi tubuhnya tetap sehat?

1. Pakan Makanan Burung

Pakan burung yang baik untuk burung kenari peliharaan Anda, cobalah cari pakan makanan yang terdiri dari banyak variasi biji-bijiannya. Karena pakan makanan seperti itu kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh si burung.

Berikan pakan burung yang sesuai dengan daerah asal jenis burung kenari yang Anda miliki. Jika burung kenari peliharaan Anda merupakan jenis burung kenari lokal maka berikan pakan makanan lokal juga dan jika burung kenari peliharaan Anda merupakan burung kenari impor maka berikan juga pakan makanan yang berasal atau diproduksi impor. Mengapa demikian?

Karena setiap burung kenari memerlukan gizi dan nutrisi yang sesuai dengan daerah di mana burung tersebut berasal. Burung kenari impor tentu akan menyukai pakan makanan impor juga, namun belum tentu burung kenari impor menyukai pakan makanan yang lokal, begitu pun sebaliknya dengan burung kenari lokal.



Perlu Anda ketahui, janganlah sering mengganti jenis atau merek pakan makanan untuk diberikan pada burung kenari peliharaan Anda, karena jika pakan makanan tersebut tidak cocok sering kali dapat menyebabkan rontoknya bulu pada burung peliharaan Anda.

2. Pakan Tambahan (Extra Fooding)

Berikan pakan makanan tambahan atau Extra Fooding pada burung kenari peliharaan Anda berupa sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat. Pemberian sayur dan buah-buahan ini sangatlah penting untuk membantu sistem pencernaan tubuh si burung. Anda bisa berikan jenis sayur seperti daun selada, mentimun, sawi hijau atau sawi putih, dan jenis buah-buahan seperti buah pir dan buah apel secara bergantian di setiap harinya.

Sayur dan buah-buahan yang diberikan sebaiknya direndam terlebih dahulu di dalam air bersih kurang lebih 30 menit agar sayur dan buah-buahan tersebut tampak segar dan bersih.



Pakan makanan biji-bijian dan extra fooding mengandung banyak vitamin. Biji lobak, biji rami, biji gandum, dan biji niger yang sering diberikan tentu banyak mengandung zat karbohidrat dan vitamin B kompleks yang membantu pertahanan dan metabolisme tubuh si burung.

Sedangkan pakan makanan tambahan atau Extra Fooding yang sering diberikan banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang dibutuhkan si burung untuk menguatkan dan melenturkan nadi tempat peredaran darah, serta dapat mengikat oksigen dalam darah dan tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh burung kenari peliharaan Anda agar tetap sehat.

Oleh:
Fitriyana Suhendi
Referensi materi:
Winaris, Imam Wahyu. 2011. Cara-Cara Sakti Merawat Beragam Jenis Burung Lomba. Jogjakarta: DIVA Press.
Referensi foto:
http://ocehankenari.blogspot.com/2012/12/makanan-burung-kenari.html
http://udikhangeblog.wordpress.com/2013/06/14/sawi-pakan-tambahan-burung-kenari/

Asupan Penting Untuk Burung Kenari Peliharaan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top