Mengenali Penyebab dan Gejala Burung Ocehan Masuk Angin


Sakit yang dialami oleh burung ocehan tidak hanya bersifat yang dapat merusak suara atau kondisi tubuh seperti suara serak, rontok bulu, jamuran, atau sakit maag. Tapi ada penyakit lain yang juga bisa menyerang burung ocehan yang perlu penyikapan serius untuk menanganinya agar burung ocehan lekas sembuh. Dan salah satu jenis penyakit tersebut ialah masuk angin.

Masuk angin merupakan penyakit yang rutin menimpa berbagai makhluk hidup seperti manusia ataupun binatang. Penyakit masuk angin menjadikan badan lemas atau lesu dan perut terasa kembung. Dan akibat yang ditimbulkan masuk angin bila tak cepat ditangani atau disepelekan dapat berakibat fatal yakni sakit perut, terbengong, bahkan bisa sampai pada kematian.

Dalam kasus penyakit masuk angin yang menyerang burung ocehan ialah sesuatu yang lumrah. Dan penyakit masuk angin ini dari penyebabnya disebabkan oleh berbagai faktor yang di antaranya adalah:

  • Ketidakteraturan dalam mengatur jadwal makan dan pemberian vitamin pada burung ocehan.

    Adanya ketidakteraturan dalam mengatur jadwal makan burung ocehan dan pemberian vitaminnya membuat kondisi kesehatannya dapat terganggu yang akibatnya dapat terserang masuk angin. Hal ini ditunjukkan oleh pemberian makan untuk burung ocehan harus sesuai jadwal yakni jika makanan diberikan tiga kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore maka hal tersebut harus rutin dilakukan sesuai jamnya.


    Gambar 1. Burung masuk angin

    Dan bila ada keterlambatan memberi makannya apalagi sampai terlampau jauh jaraknya maka bisa menyebabkan lambung burung ocehan akan kosong dan mudah terserang masuk angin. Begitu juga bila burung ocehan jarang diberi vitamin sebagai asupan tambahan untuk imunitas tubuhnya maka daya tahannya menjadi lemah dan akan rentan lambungnya diisi angin jika terlambat makan sedikit saja. Sedari itu perlu diperhatikan jadwal makan burung ocehan agar teratur sehingga mencegah agar jangan sampai masuk angin.

  • Disebabkan Hujan yang terus turun

    Penyebab lain dari masuk angin yang menyerang burung ocehan ialah cuaca buruk atau ekstrim seperti hujan yang turun terus menerus setiap hari. Hal ini menyebabkan tubuh burung ocehan tidak akan tahan atau merasa kedinginan yang menyebabkan pori-pori kulitnya menjadi mudah terbuka dan dimasuki oleh angin. Apalagi sampai burung ocehan terkena air hujan dalam jangka waktu yang lama maka bisa menyebabkan tubuhnya kedinginan atau menggigil dan masuk angin. Dikarenakan burung ocehan juga membutuhkan sinar matahari atau sinar lampu sebagai penghangat tubuhnya.

    Di samping terdapat dua penyebab burung ocehan terjangkit masuk angin maka harus diketahui pula tanda-tanda burung ocehan yang terserang masuk angin. Yang mana tanda-tanda atau gejalanya ialah:
    • Burung ocehan akan tampak lesu atau lemas di mana seluruh bulunya akan terlihat berdiri.
    • Burung ocehan akan muntah yang berupa makanan yang telah dimakannya atau cairan berlendir berwarna kuning keputihan.
    • Matanya seperti mau tidur dan memilih diam saja sambil mengatupkan sayapnya.
    • Burung ocehan akan mencret sebab angin yang berada di lambungnya mengganggu sistem pencernaannya.
    • Hidungnya akan tampak selalu berair
    • Dan berat badannya kian hari akan semakin menurun disebabkan masuk angin yang menderanya memengaruhi nafsu makannya menjadi menurun.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan gejala-gejala masuk angin yang menyerang burung ocehan. Dan semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua tentang penyakit masuk angin pada burung ocehan. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://www.burungnusantara.com/2014/06/penyebab-burung-masuk-angin-dan.html
http://www.agrobur.com/2013/04/burungpun-bisa-masuk-angin.html

Gambar:
1. https://kicauan.files.wordpress.com/2014/01/merpati-kembung.jpg

Mengenali Penyebab dan Gejala Burung Ocehan Masuk Angin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top