Tips Menjinakkan Burung Agar Mudah Berkicau


Bagi Anda pecinta burung yang baru saja akan memelihara burung bakalan, tentu ada berbagai tantangan yang harus Anda hadapi. Tantangan tersebut diantaranya membuat burung tersebut agar menurut dan tidak takut dengan manusia ataupun dengan beda yang ada di sekitarnya. Membuat burung menjadi jinak tentu akan memberi manfaat tersendiri bagi Anda, jika burung jinak tentu memberi kepuasan tersendiri bagi sang pemilik.

Menjinakkan burung tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan jika Anda belum mengetahui caranya. Oleh karenanya Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini untuk memudahkan Anda menjinakkan burung :

  1. Krakap burung di tempat yang tenang

    Setelah Anda membeli burung, pastikan Anda untuk memasukkannya ke kandang dan memberi pakan yang cukup. Kemudian usahakan agar kandang burung tersebut diletakkan di tempat yang tenang dan jauh dari suara burung lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat burung tidak kaget dan takut dengan suara burung lain yang akan membuat burung menjadi terluka.

  2. Ngobrol dengan burung

    Berbicara dengan burung juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk dilakukan agar burung Anda cepat jinak. Hal ini karena sebetulnya burung memiliki naluri pada kata-kata manusia yang memperlakukan burung tersebut secara lembut, meski hanya sekedar ucapan “halo”. Karena hal ini dianggap aneh oleh sebagian besar masyarakat indonesia, tentu tak banyak yang mau mencobanya.


    Sumber : Burungnusantara.com

  3. Berikan burung pasangan hidup

    Memberikan pasangan hidup pada burung juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjinakkan burung Anda. Tujuannya yakni untuk menenangkan stres dan dapat memberinya pengertian pada burung Anda. Terlebih lagi apabila burung pasangannya tersebut jinak, maka Anda dapat memberi contoh dengan memberinya pakan berupa serangga yang diletakkan pada tangan Anda. Hal ini dilakukan agar burung Anda dapat mengerti jika yang dilakukan tidak akan menyakitinya karena hanya sekedar memberi makan. Anda juga bisa memandikan burung sampai basah kuyup kemudian tempel burung jantan Anda dengan burung betina dan lakukan secara rutin.

  4. Mandikan burung dengan cara dipegang

    Cara yang paling efektif dalam mandikan burung adalah dengan cara di pegang daripada diguyur atau disemprot. Hal ini dikarenakan burung akan merasa nyaman dan Anda juga dapat menjalin kedekatan emosional dengan si burung. Cara memandikannya yakni Anda tetap memosisikan kepala burung di atas kemudian usap seluruh tubuhnya sambil dibasahi air. Kemudian setelah mandi Anda dapat langsung memberinya pakan kesukaannya, agar dia menganggap bahwa cara tersebut adalah upaya untuk mendapatkan makanan.

Nah itu adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat burung Anda menjadi lebih jinak. Mungkin butuh waktu yang tidak sebentar, namun apabila Anda telaten menekuninya maka hasilnya tidak akan sia-sia. Selamat mencoba.

Sumber : http://www.suarakicauburung.com/cara-menjinakkan-burung-yang-susah-jinak/

Tips Menjinakkan Burung Agar Mudah Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top