Mengenal Sejuta Manfaat Madu Untuk Burung Ocehan


Kehebatan dari madu yang memiliki banyak manfaat sudah lama diketahui oleh orang banyak. Sejak zaman dahulu orang-orang sudah menggunakan madu untuk berbagai keperluan termasuk menjaga kesehatan. Begitu juga dengan perkembangan zaman yang maju seperti sekarang ini penggunaan madu yang mengandung banyak manfaat tidak lagi dikonsumsi oleh manusia saja melainkan sudah diberikan kepada burung ocehan sebagai pakan tambahan. Tujuannya agar kesehatan burung ocehan yang dipelihara tetap terjaga dan menghindarkannya dari kerentanan terserang penyakit yang membahayakan.

Berbicara kandungan gizi yang terdapat pada madu agaknya tidak perlu diragukan lagi karena tiap tetesnya banyak mengandung vitamin, mineral, sampai dengan kalori. Dikatakan bahwa tiap 1000 gram madu yang murni setara mampu setara dengan 5 ribu liter susu atau 1600 gram daging dan atau 50 butir telur ayam. Begitu juga dengan kandungan gizinya yang di antaranya berisikan Energi, Karbohidrat, Gula, Serat, Lemak Protein, Air, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Folat, Vitamin C, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Postasium, Sodium, dan Zinc.


Gambar: Madu

Adapun manfaat dari sisi kesehatan yang dihasilkan oleh madu bila dikonsumsi manusia secara umum dapat untuk mengobati luka, mempercepat pertumbuhan jaringan, menurunkan kadar gula pada darah, mampu meringankan penyakit pernapasan, dan mampu untuk menjaga tersedianya energi dalam tubuh. Oleh karena itu bagi orang yang sedang sakit atau kurang enak badan dianjurkan untuk mengkonsumsi madu agar staminanya berangsur-angsur membaik dan mempercepat kesembuhan.

Sama halnya dengan burung ocehan yang diberikan madu juga akan merasakan manfaat yang berguna bagi kesehatannya. Adapun manfaat yang bisa diperoleh oleh burung ocehan yang mengkonsumsi madu ialah sebagai berikut:

  1. Menjaga stamina
    Burung ocehan yang diberikan madu sebagai pakan tambahannya dapat untuk menjaga staminanya agar tidak mudah lemas. Hal ini dikarenakan pada tiap tetes madu mengandung tiga jenis gula yang terdiri dari fluktosa 41%, glukosa 35%, dan sukrosa 1,9%. Apalagi sifat dari fruktosa yang mudah terserap oleh tubuh membuat tingginya kandungannya sangat bermanfaat untuk menjaga atau bahkan mengembalikan stamina pada tubuh burung ocehan. Sehingga pemberian madu untuk burung ocehan bisa dalam segala kondisi yang tidak hanya pada saat sedang sakit tapi juga ketika sehat pun boleh dibolehkan.

  2. Meredakan sesak nafas dan alergi yang diderita burung ocehan

    Ketika burung ocehan sedang mengalami sakit sesak nafas dan alergi yang diakibatkan kondisi cuaca yang tidak menentu dan buruknya sirkulasi udara di sekitar sangkar burung maka harus segera diobati. Adapun cara untuk mengobatinya ialah dengan memberikan madu secukupnya saja. Cara ini dimaksudkan untuk menghangatkan tubuh burung ocehan dari dalam dan mempercepat memulihkan sakit yang dideritanya. Sedangkan yang perlu diperhatikan dalam pemberian madunya ialah tidak boleh sambil mendekap bagian dada burung ocehan. Hal tersebut hanya menyebabkan sesak nafas yang diderita burung ocehan semakin parah. Maka dari itu saat meminumkan madu untuk burung ocehan jangan sampai memegang bagian dada dan lehernya yang bisa membuatnya semakin sesak nafas.

Di samping itu cara pemberian madu untuk bisa dikonsumsi oleh burung ocehan dapat dilakukan dengan berbagai metode di antaranya bisa mencampurkannya bersama pakan sebelum disantap burung. Ataupun bisa juga dengan menuangkan madu tersebut secara langsung ke dalam mulut burung ocehan. Perlu diketahui juga pemberian madu untuk burung ocehan jangan sampai berlebihan dan waktu yang tepat bagi burung untuk meminum madu adalah pada saat pagi hari saja. Sedangkan untuk takarannya maksimal seperempat sendok makan dan bisa beresiko bila dikonsumsi lebih dari takaran tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai madu yang memiliki sejuta manfaat bagi burung ocehan yang mengkonsumsinya. Dengan membaca artikel ini maka bagi Anda yang memiliki burung ocehan bisa untuk memberikannya madu sesuai dengan anjuran yang disarankan. Selain itu belilah madu yang memang benar-benar asli bukan yang oplosan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh burung ocehan yang mengkonsumsinya.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber Tulisan:
Rusti Turut, Memelihara 42 Burung Ocehan Populer, (Depok: Swadaya, 2010).
http://masterburungkicau.com/perawatan/manfaat-madu-untuk-burung/
http://health.kompas.com/read/2013/09/04/1053176/Mengenal.Sekilas.Manfaat.Berbagai.Produk.Lebah
Sumber Gambar:
http://indianexpress.com/article/lifestyle/health/wonder-food-did-you-know-that-honey-can-save-you-from-blindness/

Mengenal Sejuta Manfaat Madu Untuk Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top