Apakah Ada Manfaat Memandikan Burung Tekukur?


Mandi adalah sesuatu yang lumrah dilakukan oleh siapapun termasuk burung. Biasanya beberapa jenis burung yang tinggal di hutan melakukan ritual mandi bersama-sama dengan mencari air yang tergenang. Dan itu juga dilakukan oleh burung tekukur yang tinggal di hutan. Burung tekukur adalah jenis burung ocehan yang banyak digemari oleh para pecinta burung ocehan. Tapi burung ini dipilih bukanlah dijadikan sebagai burung ocehan yang diperlombakan melainkan dijadikan sebagai burung peliharaan karena suara kicauannya sangat lembut dan mempesona siapapun yang mendengarnya.

Nah, burung tekukur adalah jenis burung yang suka mandi sewaktu tinggal di habitatnya apalagi kalau ia dipelihara maka pemiliknya jangan pernah melupakan untuk memandikannya karena bisa membuat tungau dan kutu hinggap di bulunya dan merusaknya. Pastinya memandikannya mempunyai banyak manfaat tapi sebelum menuliskan mengenai manfaatnya terlebih dahulu dijelaskan cara untuk memandikannya. Dan itu ialah:

  • Sekali seminggu paling sedikit waktu untuk memandikannya dan bisa mencampurkan bunga dan daun-daun dalam air karena ampuh untuk membersihkan tungau dan kutu yang menempel di bulunya.

  • Pilih wadah yang lumayan besar untuk tempat air yang digunakan memandikan burung agar bulunya tidak sampai rusak dicelupkan ke dalam wadah tersebut.

  • Kalau takut burung tekukur akan kabur sewaktu dimandikan maka bisa dipegang lehernya dengan jari telunjuk dan ibu jari, kakinya diapit diantara jari manis dan jari kelingking, sedangkan untuk dadanya ditahan dengan jari telunjuk.

  • Basahi terlebih dahulu badannya sebelum dicelupkan ke dalam wadah berisi air tadi baru setelah itu masukkan kepalanya yang pertama-pertama ke dalam wadah air tersebut selanjutnya badannya dengan pelan-pelan.

  • Bulu-bulunya dibersihkan semuanya, sayapnya dibentangkan bergantian dan dibasuh agar kuman yang menempel terlepas sehingga kesehatannya terjaga. Setelah selesai dimandikan jangan lupa badannya dikeringkan dengan dilap pakai handuk selanjutnya suapi burung tekukur vitamin agar ia tidak sampai sakit.

  • Setelah semuanya selesai masukkan burung tekukur kembali ke sangkarnya.


Itu tadi adalah penjelasan mengenai cara memandikannya dan selanjutnya dijelaskan mengenai manfaat dari memandikan burung tekukur.

  • Tungau dan kutu akan berkumpul dan merusak bulu burung tekukur bila tidak dimandikan oleh karena itu dengan memandikannya maka bisa menghilangkan tungau dan kutu tersebut.

  • Memandikannya bisa untuk menjaga kesehatannya terutama pada bulu dan sayapnya sehingga ia bisa berkicau dengan leluasa dan merdu karena bulunya bersih dari debu dan kutu.

  • Burung tekukur yang dimandikan menjadikan bulunya tampak mengkilap dan rapi karena jika tidak pernah dimandikan maka bulunya akan kusam dan bulu di sayapnya akan rontok disebabkan keseringan dipatuki untuk mencari kutu yang menempel.

  • Menghindarkannya dari penyakit pilar bulu yang bisa merusak bulu-bulunya yang indah.

Baiklah, telah dijelaskan dengan detail mulai cara memandikannya sampai kepada manfaat memandikan burung tekukur. Dari itu jika ditanya adakah manfaat memandikannya maka jawabnya ada dan anda bisa membuktikannya setelah memandikan burung tekukur anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.indobird.com/article/article_detail.asp?cat=1&id=203
Gambar:
Planetburung.com

Apakah Ada Manfaat Memandikan Burung Tekukur? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top