Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Branjangan


Anda pernah tahu mengenai kemampuan burung yang bisa menirukan suara yang didengarnya pastinya anda akan menjawab: itu adalah burung beo dan burung kakak tua. Iya benar, tapi ada satu jenis burung yang mempunyai kelebihan yang seperti itu ialah burung Branjangan. Burung branjangan jenis burung ocehan yang peminatnya tidak sedikit karena keunikannya yang bisa menirukan suara burung yang didengarnya dan itu kemampuan alami yang dimiliki oleh burung branjangan yang tidak ada pada burung ocehan lainnya. Biasanya sewaktu di alam liar burung branjangan gemar berjalan di tanah dan melompat-lompat di ranting ketimbang terbang. Makanan kegemarannya adalah biji-bijian, serangga kecil dan pucuk tanaman yang masih muda.

Para pecinta burung ocehan menyukai burung branjangan adalah karena kemampuannya itu tadi yang bisa menirukan suara burung ocehan lain yang didengarnya dengan baik. Sehingga kalau diperlombakan biasanya burung ini tidak begitu sulit dalam berkicau karena ia mempunyai banyak simpanan kicauan yang sudah didengarnya. Nah, burung ocehan branjangan yang biasanya diperlombakan adalah burung branjangan yang jantan karena mempunyai kicauan yang variasi dan staminanya kuat. Jadi, jika yang diperlombakan dalam kontes burung ocehan yang betina bisa jadi burung branjangan betina itu akan kalah karena staminanya cepat terkuras habis.

Jika dilihat sepintas dari burung branjangan jantan dan betina dari bentuk bulunya maka tampak mirip dengan burung gereja tapi jika diperhatikan lebih seksama ternyata bulu burung branjangan jauh lebih bermotif yang terlihat seperti gambar batik.

Burung branjangan yang berkelamin jantan dan betina mempunyai perbedaan baik dari bentuk tubuhnya, kelakuannya, dan kicauannya. Dari itu pandai dalam membedakan jenis kelamin burung branjangan antara jantan dan betina bisa membantu anda dalam memilih burung branjangan yang diinginkan.


  1. Burung Branjangan Jantan

    Burung Branjangan yang berkelamin jantan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

    • Jika diperhatikan paruhnya berwarna hitam pekat dan mengkilap serta terlihat warna putih pada paruh di bagian bawahnya.
    • Kicauan suaranya bervariasi sehingga nadanya berkicau begitu merdu dan tidak putus-putus.
    • Pada burung branjangan jantan perhatikan jambulnya yang jauh lebih panjang dibanding yang betinanya.
    • Warna pada bulunya adalah coklat pekat dan bulunya tidak begitu tebal sehingga bisa leluasa waktu berkicau.
    • Jika ditiup bulu dadanya maka anda akan melihat ada bulu halus di situ.

  2. Burung Branjangan Betina

    Burung branjangan betina juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda dari burung branjangan yang jantan:

    • Bulunya berwarna coklat kusam dan tidak secerah warna bulu burung branjangan jantan.
    • Warna coklat tampak pada paruh di bagian bawahnya.
    • Kalau didengarkan betul-betul suaranya monoton dan tidak bervariasi.
    • Jambulnya lebih pendek dibanding yang jantan.
    • Jika bulu dadanya ditiup tidak ada bulu halus di situ.

Yup, itulah uraian mengenai burung branjangan dan cara membedakan jenis kelaminnya sehingga bagi anda yang menyukai burung branjangan sebaiknya tepat dalam memilih burung branjangan dengan pandai dalam membedakan kelaminnya. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber: http://ocehan-kenari.blogspot.com/2013/09/membedakan-jenis-kelamin-branjangan.html
Gambar: Shafanaura.blogspot.com

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Branjangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top