Perawatan Anis Merah Agar Tidak Galak


Burung Anis Merah memiliki karakter yang cenderung tidak stabil, berubah-ubah. Karakter mental yang demikian tentu akan menyulitkan para pemilik burung tersebut. Apalagi para penghobi baru dan belum memahami secara luas mengenai karakter burung ocehan yang satu ini.

Yang perlu diketahui Anis, Merah merupakan satu diantara beberapa burung kicauan yang memiliki tingkat sensitivitas atau tingkat kestresan yang tinggi. Hanya karena kesalahan kecil yang kurang tepat seperti pengangkutan (transportasi), pemberian EF (ekstra Fooding), serta perawatan lain yang tidak sesuai dengannya, maka burung ini cepat sensitif.

Biasanya akan ditandai dengan tingkahnya yang menjadi galak, emosi tinggi, serta tidak mau berbunyi. Kebanyakan Anis Merah yang seperti ini adalah yang belum matang, baik secara umur ataupun mental. Tetapi ada juga yang sudah sering dilombakan namun kerap bertingkah galak dan ngambek disertai macet untuk berbunyi.

Di bawah ini adalah ciri mengenai tingkah laku anis merah yang terlalu galak dan emosian :

  • Ketika di dalam kandang, burung ini sering melompat-lompat tidak karuan, sering juga ia naik-turun tangga dan tidak mau diam dalam tangkringan.
  • Apabila didekati manusia, burung ini menjadi beringas. Sama seperti burung liar yang baru ditangkap. Sedangkan apabila didekati burung ocehan yang lain bawaannya ingin bertarung, seolah mengejar dan ingin mendekati burung tersebut guna adu kemampuan kicauan.



Ciri di atas sebenarnya juga menjelaskan bahwa anis merah sedang over birahi. Kegalakan pada anis merah terjadi karena dua faktor, kalau bukan karena over birahi, berarti burung ini sedang dalam kondisi tertekan atau ketakutan. Dan faktor yang kedua tersebut biasanya dialami oleh anis merah hasil tangkapan liar di hutan yang belum beradaptasi dengan lingkungan di sekitar manusia.

Nah, untuk mengatasi masalah burung Anis Merah yang terlalu galak ini, ada langkah-langkah perawatan yang perlu anda lakukan. Namun sebelumnya, perlu digaris bawahi, ketika di masa galak Anis Merah tersebut jangan dulu dibawa ke arena lomba atau didekatkan dengan burung kicauan yang lain. Tujuannya, di sini kita ingin merendam emosi mental Anis Merah yang sedang meninggi.

Bila dipaksa untuk tetap bertarung ditakutkan burung Anis Merah malah lebih emosional. Jadi sebaiknya, untuk masa pemulihan ini Anis Merah diistirahatkan sementara waktu dari perjumpaan dengan burung kicauan yang lain.

Adapun perawatan yang dapat anda terapkan untuk mengatasi Anis Merah yang terlalu galak adalah sebagai berikut :

  • Pertama adalah dengan mengurangi jatah pakan yang dapat mendorong kenaikan birahi burung tersebut. Pemberian pakan yang sering dijadikan ekstra fooding seperti jangkrik, ulat, kroto, cacing dan lainnya harus anda kurangi minimal setengah dari porsi biasa. Bila anda selama ini memberikan porsi 4 jangkrik per hari maka dikurangi cukup 2 jangkrik saja. Khusus pakan cacing sebaik di masa perawatan ini tidak perlu diberikan.
  • Bila selama ini Anis Merah anda diberi pakan buah, maka rekomendasi pemberian pakan buah hanya pada buah pepaya dan buah lainnya yang sifatnya mendinginkan. Tidak dibenarkan sementara waktu untuk memberikan pakan buah pisang atau apel, karena kedua buah ini menimbulkan sifat yang panas di tubuh.
  • Perawatan mandi harus lebih ditingkatkan. Maksudnya durasi waktu mandi agak ditambahi atau diperpanjang. Pada malam hari juga perlu dilakukan mandi malam pada Anis Merah, mandi malam bisa berfungsi untuk meredam birahi Anis Merah yang meninggi.
  • Sedangkan pengerodongan dan penjemuran harus dikurangi. Bahkan pada siang hari bila cuaca panas, sangkar Anis Merah tidak perlu dikerodong. Untuk perawatan penjemuran yaitu dengan mengurangi durasi waktu menjemur menjadi lebih cepat dari biasanya, sebaiknya tidak lebih dari 1 jam.
  • Untuk mempercepat masa pemulihannya, anda sebagai pemilik bisa mencoba mengajak Anis Merah tersebut bermain-main. Misalnya, dengan mencoba memberikan pakan dari tangan anda.

Demikianlah perawatan yang bisa coba anda terapkan untuk mengatasi burung Anis Merah yang terlalu galak, bila perawatan tersebut berhasil dan Anis Merah anda sudah terlihat lebih stabil, anda pun sudah dibolehkan untuk melakukan perawatan harian seperti semula dan perawatan lanjutan lain sesuai untuk melatih Anis Merah agak menjadi juara di arena lomba.

Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar : http://volcano-papandayan.blogspot.com/2013/04/cara-merawat-burung-anis-merah.html
Sumber Referensi :
http://omkicau.com/2014/02/10/menangani-anis-merah-yang-terlalu-galak/

Perawatan Anis Merah Agar Tidak Galak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top