Operasi Ringan Pada Kenari yang Terserang Penyakit Kista


Bila anda menemukan semacam benjolan besar berbentuk bulat atau memanjang yang tumbuh pada bagian tubuh burung kenari milik anda bisa dipastikan itu adalah bentuk penyakit kista. Yah, penyakit kista mudah dikenali karena gejalanya tampak jelas secara fisik. Penyakit ini sebenarnya juga menyerang pada burung kicauan lainnya, namun seringkali jenis kenarilah yang paling banyak terserang.

Meskipun begitu, anda tidak perlu terlalu khawatir dengan penyakit ini. Kista tergolong penyakit ringan yang tidak punya efek kematian secara langsung. Karena jika pun dibiarkan begitu saja, benjolan yang tumbuh pada burung kenari tersebut lama-kelamaan akan mengering. Tetapi yang menjadi masalah adalah benjolan tersebut kadang tumbuh besar dan sangat mengganggu burung kenari itu sendiri.

Butuh waktu yang lama jika harus menunggu benjolan yang besar tersebut untuk mengering. Untuk itulah dirasa perlu dilakukan pengobatan penyakit kista untuk mempercepat penyembuhannya. Ada dua metode yang dapat kita lakukan, metode pencungkilan dan metode pembedahan.

Metode pencungkilan diterapkan apabila benjolan penyakit kista yang tumbuh pada Kenari tampak hampir keluar dari kulitnya, seperti mau pecah. Anda dapat menyentuh benjolan tersebut lalu agak mencoba menekan, bisa juga memanfaatkan kuku jari yang agak panjang untuk mencungkil benjolan kista itu keluar dari kulitnya.

Selesai benjolan kista tersebut terlepas (tercungkil) keluar, maka bisa dipastikan bekas benjolan pada kulit Kenari tadi akan mengeluarkan darah yang cukup banyak. Untuk menghentikan pendarahan itu, juga dalam upaya mencegah terjadinya infeksi kulit, sebaiknya pada kulit bekas benjolan tadi dioleskan obat merah (yodium tenture).



Sedangkan untuk metode pembedahan dipakai bila benjolan yang tumbuh pada kulit kenari terlihat sudah menumpuk di bawah kulit. Jika sudah begitu, mau tak mau harus dilakukan teknik pembedahan untuk mengeluarkan beberapa benjolan yang telah menumpuk pada kulit. Langkahnya dengan membikin sayatan kecil pada benjolan kulit kenari tadi agar benjolan dalam kulit bisa diangkat keluar.

Di sini dibutuhkan beberapa peralatan untuk mendukung proses pembedahan, seperti pisau atau cutter, obat merah atau betadine, alkohol, pinset atau penjepit, dan handuk untuk mengelap luka.

Langkah pengerjaannya : Buat sayatan kecil dengan pisau atau cutter pada sisi kulit benjolan kista di bagian atas, cari pada bagian kulit yang terlihat sudah mengering. Posisi sayatan sebisa mungkin buat memanjang agar memudahkan pengeluaran isi benjolan, namun bila tidak memungkinkan boleh juga dibuat dengan bentuk menyilang.

Bila sudah dilakukan penyayatan, ambil pinset atau penjepit untuk membuka kulit tadi agar sedikit agak melebar, tapi jangan terlalu dipaksakan, bukalah secara perlahan. Kemudian apabila sudah ada rongga yang cukup untuk mengeluarkan benjolan kista tersebut, keluarkanlah isi benjolan kista itu dengan bantuan jari yang menekan mendorong keluar.

Setelah isi dalam benjolan sudah keluar semua, biasanya darah pun akan banyak keluar pada bekas sayatan kulit tadi. Bersihkan bekas luka kulit kenari tadi dengan alkohol, seterusnya dioleskan obat merah atau betadine yang sudah disiapkan. Tunggu sampai beberapa hari ke depan, bila pembedahan yang kita lakukan tidak bersih dalam pengangkatan benjolan kista tersebut, biasanya akan tumbuh bibit benjolan kista baru.


Penyakit Kista yang perlu dilakukan pembedahan

Jika anda menemukan hal yang demikian, maka bibit benjolan kista harus dibersihkan secara tuntas. Oleh karena itu perlunya ketelitian untuk mengeluarkan isi benjolan kista pada waktu pembedahan haruslah bersih, supaya anda tidak perlu menyakiti kenari anda berkali-kali dengan melakukan pembedahan lagi.

Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 1 : http://www.pesonakenari.com/2012/03/cara-menangani-kista-pada-kenari.html
Pic 2 : http://omkicau.com/2013/05/29/mengobati-dan-mencegah-kista-bulu-pada-kenari/
Sumber Referensi :
http://gubugberita.blogspot.com/2013/12/cara-mengatasi-penyakit-kista-pada-kenari.html
http://omkicau.com/2013/05/29/mengobati-dan-mencegah-kista-bulu-pada-kenari/

Operasi Ringan Pada Kenari yang Terserang Penyakit Kista Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top