Burung Ocehan Paok Hijau


Sudahkah anda mengetahui mengenai burung Paok Hijau? Tentunya kebanyakan dari para pembaca sekalian lebih mengenal burung Paok Sayap Biru yang sudah lama dikenal oleh masyarakat tidak hanya bisa berkicau tapi mengandung mitos yang diyakini kebenarannya. Nah, burung paok hijau tidaklah mengandung unsur mitos yang seperti burung paok sayap biru yang diyakini oleh masyarakat melainkan burung ini juga mempunyai deskripsi yang cukup menarik untuk diulas. Artikel ini mencoba untuk menguraikan mengenai burung paok hijau yang mempunyai warna bulu yang indah dan mempesona. Sedari itu simaklah artikel ini hingga tuntas.

Burung paok sayap biru bukanlah burung endemik asli Indonesia yang daerah penyebarannya tidak hanya berada di Indonesia saja melainkan juga merambah ke berbagai negara di benua Asia. Penyebarannya di luar negeri di antaranya terdapat di India, Himalaya, Thailand, Filipina, Laos, dan Malaysia. Sedangkan di Indonesia penyebarannya terdapat di daerah Sumatera, Nias, Jawa, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Begitu tingginya tempat yang ditinggali oleh burung paok hijau menjadikan burung ini cukup populer di kalangan masyarakat Asia.

Umumnya di alam liar burung Paok Hijau hidup pada hutan yang mempunyai kelembaban yang baik, artinya dia menyukai hutan basah sebagai tempat tinggalnya. Kebiasaan dari burung paok hijau yang hidup di hutan adalah berjalan dengan melompat-lompat di atas tanah ketimbang terbang mengitari pepohonan. Burung paok hijau yang melompat-lompat di tanah bukanlah suatu rutinitas yang dilakukan tanpa alasan. Tujuannya melompat-lompat di atas tanah ialah untuk mencari makanan yang banyak bersembunyi di balik kayu mati, dedaunan kering dan di dalam tanah. Burung paok hijau akan membalik-balikan dedaunan kering untuk mencari serangga kecil dan buah-buahan yang jatuh dari pohon. Dan juga ia akan mematuki kayu yang sudah mati untuk bisa memakan invertebrata dan ulat-ulat kecil yang bersembunyi di balik kayu yang mati. Serta burung ini aktifnya beraktivitas pada siang hari dan pada malam hari burung ini akan beristirahat di atas ranting pohon.



Nah, ciri-ciri fisik dari burung paok hijau ialah secara umum mempunyai warna hijau mencolok di bagian atas tubuhnya, sayap, dan bagian dadanya. Ada pula warna hitam yang tampak menutupi kepalanya sampai ke leher dan di bagian bawah dadanya atau perutnya. Pada bagian tunggirnya terlihat warna merah mencolok sampai ke ujung ekornya. Pada bagian sayapnya tampak warna putih kebiruan yang berada di pangkal sayapnya. Sedangkan untuk ekornya, burung paok hijau hanya mempunyai ekor yang sangat pendek dan bisa dikatakan burung ini tidak mempunyai ekor.

Sedangkan untuk bunyi kicauan dari burung paok hijau terdengar indah dan mengalun-alun. Di mana suara kicauannya diucapkan dengan interval yang rendah dan berulang-ulang. Dan bunyi kicauannya seperti ini “pih....pih....pih” yang dikeluarkan dengan siulan ganda. Karakter burung paok hijau ialah tidak takut pada makhluk asing yang mendekatinya termasuk manusia. Jika di antara para pembaca yang lagi bepergian ke hutan dan secara tak sengaja atau sengaja bertemu dengan burung paok hijau cobalah dekati dengan santai dengan menjulurkan tangan maka burung ini tidak akan lari melainkan diam dan malah berkeinginan untuk mendekati.

Musim kawin atau masa berkembang biak bagi burung paok hijau adalah antara bulan Mei, Oktober, Februari, Desember, dan Juli yang berbeda-beda tergantung tempat dan wilayah ia tinggal. Burung paok hijau sekali bertelur pada musim kawin bisa mencapai 2 sampai 5 butir telur yang diletakkan pada sarang yang berbentuk kubah mendatar.

Yup, inilah uraian ringkas mengenai burung Paok Hijau yang mempunyai kebiasaan unik yang mengesankan. Dan dengan membaca artikel ini sampai tuntas akan menambah pengetahuan kita mengenai beragam jenis burung ocehan. Dan semoga artikel ini menjadi bermanfaat. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/paok-hijau/

Gambar:
http://orientalbirdimages.org/search.php?Bird_ID=1323&Bird_Image_ID=44052&p=8

Burung Ocehan Paok Hijau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top