Bekicot, Makanan Alternatif Buat Burung Ocehan


Ya, bekicot. Tentunya para pembaca sekalian sudah akrab dengan nama hewan berlendir tersebut. Bekicot adalah hewan yang mempunyai lendir di bagian bawah tubuhnya. Hewan ini mempunyai cangkang yang menempel di atas tubuhnya sebagai tempat ia tinggal dan tidur serta bersembunyi dari sergapan musuh. Umumnya, bekicot hidup di tempat-tempat yang lembab seperti pinggir sungai, dekat kolam, dan parit-parit yang berair. Dan juga bekicot adalah jenis hewan yang sangat cepat dalam berkembang biak dengan meletakkan telur-telurnya yang berjumlah ratusan di pinggiran tempat yang berair. Sehingga populasinya tidak hanya terfokus pada satu wilayah saja melainkan telah merambah ke mana-mana termasuk Indonesia.

Keberadaan bekicot di alam liar seringkali menjadi sasaran empuk untuk dimangsa sebagai makanan bagi para binatang lain. Yang contohnya adalah beragam jenis burung ocehan yang hidup di alam liar telah menjadikan bekicot sebagai makanan alternatif ketika kesulitan mencari serangga atau ulat di hutan. Burung ocehan biasanya mencari bekicot yang berada di alam liar di tempat-tempat yang lembab seperti sungai, rerumputan yang lembab, dan kubangan yang berisi air. Sehingga secara alami bahwa bekicot memang aman untuk dikonsumsi oleh burung ocehan yang hidup di pinggiran sungai.

Dalam pemanfaatannya seperti saat ini, bekicot tidak hanya dikonsumsi oleh burung ocehan saja melainkan juga manusia pun menjadikan bekicot sebagai menu makanan yang sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Biasanya bekicot dikeringkan terlebih dahulu sampai lendirnya hilang setelah itu dibersihkan dan siap diolah untuk berbagai jenis makanan yang berbeda-beda. Sedari itu bekicot juga diternakkan dan dijual untuk makanan berbagai jenis hewan ternak serta untuk burung ocehan.



Kandungan gizi yang terdapat dalam tubuh bekicot sangatlah banyak sekali yang kesemuanya dapat menunjang kesehatan burung ocehan tetap stabil dan prima. Nah, dalam daging bekicot terdapat lima kandungan senyawa yang masing-masing mempunyai peranannya sendiri. Di antaranya ialah leucine, lycine, arginie, aspartic, glutamic. Secara umum manfaat dari kesemua jenis senyawa tersebut adalah dapat mencegah penyusutan otot, membantu percepatan pemulihan kulit atau otot yang rusak, dapat merangsang hormon pertumbuhan. Manfaat lainnya ialah bisa mengubah unsur karbohidrat menjadi energi, membantu dalam membangun sistem daya tahan tubuh seperti menguatkan antibodi, dapat membantu kinerja otak dan metabolisme lainnya.

Besarnya manfaat dan khasiat yang terdapat dalam daging bekicot dapat menjadi alternatif bagi para pecinta burung ocehan untuk memberikan burung ocehan anda daging bekicot yang bernutrisi tinggi. Cara pemberian bekicot untuk burung ocehan dapat dilakukan dengan memisahkan cangkangnya terlebih dahulu dari tubuh si bekicot itu sendiri. Tujuannya agar memudahkan proses pembersihan dagingnya dan burung ocehan tidak tersangkut serpihan cangkang dari bekicot yang dimakannya. Nah, selanjutnya bekicot tersebut dapat dicuci bersih dengan air hingga lendirnya hilang. Jikalau anda ingin memudahkan pemberiannya dapat mengubah daging bekicot menjadi kering terlebih dahulu dengan menjemurnya. Setelah itu dapat diberikan kepada burung ocehan dengan meletakkannya di atas tempat makanannya.

Demikianlah uraian mengenai bekicot yang dimanfaatkan untuk menjadi makanan alternatif bagi burung ocehan. Sedari itu dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kita bahwa bekicot pun aman disantap oleh burung ocehan. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.kesehatanwanitaku.com/2013/04/manfaat-daging-bekicot.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Bekicot

Gambar:
http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/9577-lendir-bekicot--solusi-kecantikan-paling-mutakhir.html

Bekicot, Makanan Alternatif Buat Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top