Mengulas Makanan untuk Burung Betet


Tahukah anda mengenai burung betet? Tentunya ada yang sudah mengetahuinya dan ada yang belum mengetahuinya secara pasti. Burung ini merupakan burung endemik asal Indonesia yang keberadaannya banyak di temukan pada bagian timur wilayah Indonesia. Burung betet berciri-ciri paruh yang bengkok ke bawah dan ukuran tubuhnya yang agak besar. Warna bulu burung betet umumnya mempunyai warna yang mencolok seperti hijau terang yang melingkupi hampir seluruh tubuhnya. Dan juga burung betet mempunyai kecerdasan yang cukup luar biasanya, yang mana burung ini mampu untuk menirukan suara yang didengarnya seperti suara manusia, burung ocehan lain, atau apapun yang didengarnya. Karena itu lah keberadaan burung ini di habitatnya menjadi terusik karena diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memperdagangkannya dengan harga yang mahal. Sedari itu burung ini dilindungi oleh undang-undang untuk tidak lagi diburu dengan alasan apapun.

Nah, itu adalah sekilas pembahasan mengenai burung betet tetapi artikel ini tidaklah mengulas mengenai burung betet secara umum melainkan hanya membahas mengenai jenis-jenis makanannya. Sangat penting untuk diketahui bahwa burung betet adalah jenis burung ocehan yang menyukai biji-bijian sebagai makanannya dan burung ini tidak menyukai daging atau serangga. Dalam artikel ini akan diulas satu demi satu mengenai jenis-jenis makanan yang biasanya disantap oleh burung betet di alam liar. Dan ini lah pembahasannya:

  • Biji-bijian

    Biji-bijian adalah menu wajib bagi burung ocehan yang berparuh bengkok seperti burung betet. Ada banyak sekali jenis biji-bijian seperti kenari, bunga matahari, biji gandum dan lain-lain yang kesemuanya sangat bagus bagi pertumbuhan burung betet. Biji-bijian di alam liar jumlahnya sangat banyak sekali dan biasanya burung betet akan berburu dalam bentuk kelompok pada siang hari. Biji-bijian yang mempunyai kulit yang keras akan dipecahkan menggunakan paruh bengkok dari burung betet yang terbilang keras. Sedari itu tidak perlu khawatir bila memberikan burung betet biji-bijian yang utuh bersama kulitnya.


  • Sayur-sayuran

    Burung betet juga gemar memakan berbagai jenis sayur-sayuran seperti sawi, wortel, jagung, dan lain-lain. Karena dalam sayur-sayuran terkandung berbagai jenis nutrisi seperti vitamin, protein, kalsium, dan masih banyak lagi yang fungsinya dapat menjaga organ tubuh agar tetap sehat dan menambah tingkat kepintaran dari burung betet. Sedari itu keberadaan sayur-sayuran di alam liar ada di mana-mana dan sangat jarang sekali terjadi kelangkaan terhadap sayur-sayuran yang berada di alam liar. Dan juga bagi burung betet yang memakan sayur-sayuran setiap harinya tidak akan memberikan dampak negatif apapun kepadanya yang malah terjadi adalah burung betet akan semakin sehat dan kekebalan tubuhnya akan semakin kuat.

  • Buah-buahan

    Buah-buahan juga cukup bagus untuk burung betet yang bisa menambah staminanya agar tidak cepat lelah. Karena dalam buah-buahan terkandung kadar air dan gula yang bisa berfungsi sebagai tenaga untuk burung betet dan menjaga tubuhnya agar tidak dehidrasi bila bepergian jauh. Buah-buahan di alam liar berada di hampir setiap jenis pepohonan dan memiliki kadar nutrisi yang berbeda-beda. Sedari itu lah bagi burung ocehan seperti betet yang tinggal di hutan untuk mendapatkan buah-buahan tidaklah begitu sulit dan berada di mana-mana.

Yup, dari pembahasan di atas telah diketahui bahwa burung betet adalah jenis burung ocehan pemakan berbagai jenis makanan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Dan juga burung betet adalah burung yang sangat diminati oleh para pecinta burung ocehan karena kepandaiannya menirukan suara serta cantiknya bentuk tubuhnya. Dan semoga artikel ini menambah wawasan kita semua mengenai makanan untuk burung betet.

Oleh : Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://www.anneahira.com/makanan-burung-betet.htm

Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tanygnathus_lucionensis_qtl2.jpg

Mengulas Makanan untuk Burung Betet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top