Burung Ocehan Cucak Wilis


Burung ocehan yang suka berkicau tentunya menjadi pilihan bagi para pecinta burung ocehan sebab akan lebih mudah dilatih dan bisa untuk diperlombakan. Di samping itu juga, harga bagi burung ocehan yang suka berkicau apalagi kicauannya merdu dengan banyak variasi lagu ialah cukup mahal. Namun ada satu jenis burung ocehan yang belum begitu terlalu dikenal luas tapi memiliki kicauan yang riuh dan yang menariknya harganya pun di pasaran tidak begitu mahal. Ya, nama burung ocehan tersebut ialah burung Cucak Wilis.

Burung Cucak Wilis mempunyai nama ilmiah Pycnonotus bimaculatus yang di beberapa daerah disebut dengan nama Cucak Gunung, Cucak Tante, dan Cucak Rengganis. Sedangkan dalam bahasa inggris burung Cucak Wilis disebut dengan nama Orange-spotted Bulbul. Dalam penyebarannya burung Cucak Wilis tergolong burung endemik yang hanya ada di Indonesia dengan populasi terdapat di Sumatra, Jawa, hingga Bali. Saat berada di alam liar biasanya burung Cucak Wilis berada di areal pegunungan dengan ketinggian mencapai 3000 meter di atas permukaan laut Selain itu kebiasan dari burung ini ialah suka beraktivitas sendiri saat berburu dan walaupun terkadang juga hidup dengan kawanannya. Serta untuk makanannya burung Cucak Wilis gemar sekali memakan beraneka macam serangga dan buah-buahan yang bertebaran di hutan belantara.


Gambar: Burung Cucak Wilis

Untuk karakter kicauannya burung Cucak Wilis ialah memiliki irama kicauan yang cepat, ropel, dan ngerol dengan bunyi nada “ciulkkk...ciulkkk...ciulkkk”. Di samping itu juga, burung Cucak Wilis berkicau dengan nada cukup keras dan agak kasar. Dan juga, keunikan dari burung Cucak Wilis untuk kemampuan kicauannya ialah ia dapat menghapalkan berbagai jenis kicauan burung ocehan lain seperti burung Ciblek, Prenjak dan burung ocehan lainnya. Kemampuan tersebut dapat diketahui bila burung ocehan Cucak Wilis dipelihara sejak ia masih kecil sehingga mudah untuk dilatih dan dirawat.

Sedangkan untuk ciri khas fisiknya, burung ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yakni mencapai 20 cm. Warna bulunya cukup cantik bila dipandang di mana terdapat beberapa warna yang menghiasi bulunya seperti warna coklat kehitaman yang disapu dengan taburan warna hijau zaitun pada bagian punggung tubuhnya, warna hitam kecoklatan terdapat pada bagian dagu, tenggorokan, dan dadanya. Bagian perutnya tampak berwarna putih keabuan, pada tunggir dekat pangkal ekornya berwarna kuning, kepalanya berwarna coklat dengan terdapat bentuk jambulnya, bagian kedua belah pipinya berwarna kuning, paruhnya tidak begitu panjang dan berwarna hitam, serta ekornya mempunyai warna coklat kehitaman dan ukurannya agak panjang.

Seperti yang diutarakan pada paragraf di atas bahwa burung ini mempunyai karakter kicauan yang riuh atau rajin berkicau dan harganya di pasaran pun tidak terlalu mahal atau murah. Sehingga burung ini dapat menjadi pilihan untuk dipelihara dan dirawat yang akhirnya dapat membuat kita mahir dalam memasternya hingga besar. Dalam perawatannya, burung Cucak Wilis dapat diberikan pakan buah-buahan seperti buah Pisang Kepok, Pepaya, atau Mangga. Dan juga burung ini dalam kesehariannya menyukai mandi sehingga biarkan ia mandi sendiri atau semprot dengan sprayer hingga semua bulunya basah.

Sedangkan untuk melatihnya mau mengkonsumsi voer secara perlahan-lahan dapat dipadukan dengan mencampurkan voer bersamaan buah-buahan atau serangga yang biasa dimakannya. Pemberian buah yang dicampur dengan voer dapat dikasih selama satu minggu dan bila sudah menunjukkan tanda-tanda ia mau mengkonsumsi voer tanpa buah-buahan maka selanjutnya cukup diberikan voer saja.

Ya, demikianlah ulasan mengenai burung Cucak Wilis yang telah ada di pasar burung ocehan dan harganya pun cukup murah di samping ia juga rajin berkicau sehingga tidak repot untuk memasternya. Dan semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kita bersama mengenai burung ocehan Cucak Wilis. Oke.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2013/03/06/cucak-wilis-cucak-rengganis-murah-meriah-mudah/
http://id.wikipedia.org/wiki/Cucak_gunung

Gambar:
https://pratapapa81.files.wordpress.com/2009/06/cucak-gunung1.jpg

Burung Ocehan Cucak Wilis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top