Langkah Awal Merawat Bakalan Burung Primadona Yang Satu Ini. Part 2


Setelah mengetahui 5 poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli burung primadona Anis Merah di pembahasan artikel sebelumnya, Anda juga perlu memperhatikan sangkar untuk tempat pemeliharaan burung primadona tersebut. Sama halnya seperti sangkar burung lainnya, namun ada 2 hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli atau membuat sangkar burung. Tak lain perhatikan ukuran sangkar dan sangat dianjurkan untuk adanya ranting/dahan untuk burung bertengger di sangkarnya.

  1. Ukuran Sangkar

    Bentuk sangkar burung ada berbagai macam, diantaranya ada yang berbentuk bundar, persegi empat, atau ada juga kombinasi dari bentuk keduanya. Dan untuk sangkar burung primadona ini tidak menjadi masalah akan menggunakan sangkar yang berbentuk bagaimanapun juga, tapi yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari sangkar tersebut.

    Cari atau buatlah sangkar dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh burung Anis Merah yang akan Anda pelihara. Memang tidak ada patokan ukuran yang paling baik, tapi Anda harus mempertimbangkan lagi ukuran sangkar yang memungkinkan burung Anis Merah dapat leluasa bergerak bebas.

    Perlu diketahui, jika Anda menempatkan burung Anis Merah yang Anda pelihara di sangkar yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh burung (terlihat sempit), maka berdampak buruk bagi bulu-bulu si burung karena akan mengganggu pergerakan sayap si burung sehingga dapat merusak bulu pada sayap atau tubuhnya bahkan dapat membuat burung tersebut menjadi stres. Akan lebih baik jika Anda menempatkan burung peliharaan Anda di sangkar yang cukup luas.


    Untuk sangkar sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya:
    1. Warna Sangkar
      Sebaiknya warna dari sangkar burung adalah warna-warna yang terkesan cocok/harmonis seperti warna coklat muda, coklat tua, kuning, atau kombinasi warna tersebut.
    2. Pintu Sangkar
      Pintu untuk sangkar pun harus pintu yang terbuat dari bahan yang kuat karena pintu tersebut adalah pintu burung untuk keluar masuk sangkar.
    3. Alas Sangkar
      Sangkar burung harus dilengkapi dengan alas ganda. Karena apa? Satu alas yang terbuat dari jeruji agar kaki burung tetap bersih dan tidak kotor karena kotorannya sendiri, dan yang satunya lagi alas yang berbentuk lempengan, berguna untuk menampung kotoran dan mempermudah Anda membersihkan kotorannya.
    4. Berat Sangkar
      Sebaiknya pilih atau buatlah sangkar burung dari bahan yang ringan tapi kuat. Sehingga memudahkan untuk Anda memindah-mindahkan sangkar tersebut.
    5. Jeruji Sangkar
      Untuk jeruji sangkarnya, pilih atau buatlah jeruji yang kuat dan halus rautannya. Hal ini bertujuan agar jeruji tersebut tidak merusak atau melukai bulu dan tubuh burung peliharaan Anda.

  2. Sediakan dahan/ranting buatan untuk si burung bertengger di sangkarnya.

    Dengan adanya tenggeran, dapat memudahkan dan memberi kenyamanan saat burung Anis Merah peliharaan Anda bertengger di dalam sangkar. Untuk bentuknya sendiri, sebaiknya tenggeran agak melengkung atau berbelok, jangan dibuat lurus. Anda dapat menggunakan lebih dari satu tenggeran di sangkar burung, asalkan ruang sangkar cukup untuk si burung bergerak.


Nah setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memelihara bakalan burung, sekarang Anda bisa pilih burung Anis Merah yang ingin Anda pelihara di tempat-tempat penjualan burung terdekat di sekitar rumah Anda.

Semoga pembahasan artikel kali ini menarik dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Oleh : Fitriyana Suhendi
Referensi materi : Winaris, Imam Wahyu. 2011. Cara-Cara Sakti Merawat Beragam Jenis Burung Lomba. Jogjakarta: DIVA Press.
Referensi foto : http://griyamanukjeporo.blogspot.com/2011/03/sangkar-bulat-anis-merah.html
http://xcult-xcult.blogspot.com/2012/10/tenggeran-burung_4960.html

Langkah Awal Merawat Bakalan Burung Primadona Yang Satu Ini. Part 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top