Langkah Awal Merawat Bakalan Burung Primadona yang Satu Ini Part 1


Memiliki warna, bentuk, dan karakter suara yang memukau membuat burung yang satu ini mendapatkan julukan sebagai burung primadona.

Burung Anis Merah merupakan salah satu burung yang terbilang memiliki karakter sifat yang sangat manja dalam mengeluarkan suara emasnya. Apabila si burung melihat pemilik/pemelihara yang sehari-hari merawatnya, ia tidak akan mau berbunyi, karena apa? Karena burung Anis Merah akan menganggap pemiliknya itu sebagai pasangannya sendiri, sehingga si burung enggan untuk mengeluarkan suara emasnya. Loh kok bisa ya menganggap pemilik burung sebagai pasangannya? Tapi ya memang seperti itu….

Eitsss, jangan heran karena sifat manja yang dimilikinya membuat burung primadona ini menjadi mudah dijinakkan loh. Suara emas burung Anis Merah itu baru akan dikeluarkan jika sudah melihat orang/burung asing yang tidak pernah terlibat dalam perawatan harian burung tersebut. Nah itulah yang akan si burung anggap menjadi lawannya.

Burung primadona yang satu ini sangatlah berperasaan alias sangat sensitif. Butuh waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, burung Anis Merah merupakan burung yang hidup hanya membutuhkan kerutinan dan ketepatan dalam memelihara dan merawatnya. Mandikan, berikan makan, dan lakukan penjemuran pada waktu yang sama di setiap harinya sehingga burung Anis Merah akan cepat bisa mengeluarkan suara emasnya.



Banyak sekali orang yang ingin membeli dan merawat burung Anis Merah loh. Apakah Anda termasuk orang yang ingin membeli dan merawat burung primadona ini? Jika memang iya, sebelum membeli Anda harus mengetahui terlebih dahulu bakalan burung seperti apa yang baik untuk dipelihara, cek lima poin di bawah yaaaah……

  1. Carilah burung Anis Merah yang terlihat lincah serta memiliki nafsu makan yang besar. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa burung Anis Merah tersebut memiliki mental yang baik, sehingga tentu saja Anda akan lebih mudah untuk merawatnya.

  2. Coba lihat postur tubuh dari burung Anis Merah yang akan Anda beli. Burung Anis Merah yang baik untuk dipelihara yaitu yang memiliki:
    • Leher yang panjang,
    • Ukuran badan, ekor, dan kaki yang serasi satu sama lain,
    • Dan jangan memilih burung Anis Merah yang memiliki leher dan badan yang pendek.

  3. Pilihlah burung Anis Merah yang memiliki sayap mengepit rapat dan kedua kaki yang mencengkeram kuat pohon/ dahan ranting. Jika Anda perhatikan, warna kaki untuk setiap ekor burung primadona ini berbeda-beda. Tapi jangan khawatir, warna kaki tidak memengaruhi mental dari si burung kok.

  4. Cari dan pilih burung Anis Merah yang berjenis kelamin jantan. Nah bagaimana mengenali burung Anis Merah jantan? Sangat mudah. Perhatikan postur tubuh yang dimilikinya, biasanya burung Anis Merah jantan memiliki tubuh yang panjang serasi dengan semua ukuran anggota tubuh yang lainnya, warna bulu pun terlihat lebih tegas, dengan mata besar yang melotot, paruh berwarna lebih gelap dari yang lainnya, dan bentuk kepala yang terlihat lebih besar. Ya, bagaimana cukup mudah kan untuk mengenali burung Anis Merah jantan?

  5. Pilihlah burung Anis Merah yang memiliki paruh berukuran besar, panjang, dan berpangkal lebar. Dan biasanya akan menjadi lebih bagus lagi jika memilih burung Anis Merah yang mempunyai posisi lubang hidup dekat dengan posisi kedua matanya.

Nah itu lah 5 poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli burung Anis Merah. Selain memperhatikan poin di atas, Anda juga perlu memperhatikan sangkar untuk tempat memelihara burung primadona tersebut, simak di artikel selanjutnya yaaaah…

Semoga pembahasan di artikel kali ini menarik dan menambah wawasan kita semua.

Terima kasih.

Oleh : Fitriyana Suhendi
Referensi materi : Winaris, Imam Wahyu. 2011. Cara-Cara Sakti Merawat Beragam Jenis Burung Lomba. Jogjakarta: DIVA Press.
Referensi foto : http://anekakewan.blogspot.com/2011_03_20_archive.html

Langkah Awal Merawat Bakalan Burung Primadona yang Satu Ini Part 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top