Mengenal Manfaat Buah Mengkudu bagi Burung Ciblek


Kita semua tentunya telah mengetahui mengenai burung ocehan yang bernama Ciblek. Dalam bahasa lain burung ciblek juga disebut sebagai burung prenjak jawa yang mempunyai daerah penyebaran di Jawa, Sumatera, dan Bali. Dengan begitu luasnya penyebaran burung Ciblek membuat burung ini menjadi burung primadona bagi para pecinta burung ocehan. Sehingga dibutuhkan perawatan yang agak ekstra untuk tetap memastikan kondisi burung ocehan ciblek agar selalu sehat. Dan salah satu caranya ialah dengan memberikan buah mengkudu untuk burung ciblek.

Buah mengkudu sudah sangat familiar bagi kalangan masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Dan juga nama buah mengkudu sendiri pun mempunyai berbagai nama yang diantaranya buah pace, mekudu, cangkudu, kodhuk, dan tibah. Buah ini tergolong jenis buah-buahan yang memiliki aroma yang kurang sedap saat sudah matang yakni aromanya seperti bau badan kambing atau keju yang telah membusuk. Di samping itu juga, buah mengkudu ketika telah matang teksturnya sangat lembut sekali sehingga ketika dipegang dengan agak sedikit kencang saja maka buahnya bisa hancur. Dan juga ukuran buah mengkudu yang telah matang biasanya agak besar yakni segenggam tangan orang dewasa, saat matang warna buah mengkudu akan berwarna putih kekuningan, serta terdapat tonjolan di sekeliling kulit buah mengkudu baik yang matang ataupun yang masih mengkal.


Gambar 1. Buah mengkudu

Bagi kalangan masyarakat buah mengkudu sering kali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dan mempertahankan kekebalan sistem tubuh yang diantaranya ialah dapat untuk mencegah kanker dan tumor, untuk mengatasi alergi dan peradangan, dapat memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, dan juga dapat mempertahankan daya tahan tubuh dari serangan bakteri. Dan juga kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mengkudu ialah xeronine, sosium, scolopetin, proxeronine, arginine, antra quinines, magnesium, protens, morganii, bacillus subtilis, dan masih banyak lagi.

Di samping untuk manusia manfaat buah mengkudu juga bisa dirasakan oleh burung ocehan seperti ciblek untuk menambah stamina dan menjaga kekebalan tubuhnya. Bagi burung ciblek yang merasakan khasiat langsung dari buah mengkudu bukanlah dengan diberikan secara langsung melainkan harus diolah terlebih dahulu sehingga burung ciblek tertarik untuk mengonsumsinya. Caranya ialah terlebih dahulu pilihlah buah mengkudu yang sudah matang atau baru jatuh dari pohonnya, lalu cuci buah mengkudu tersebut dengan air bersih hingga tidak ada tanah atau kotoran yang menempel di kulit buahnya, selanjutnya rebus buah mengkudu tersebut ke dalam sebuah panci yang telah diisi oleh air bersih. Setelah buah mengkudu telah menyatu dengan air yang direbus maka buah tersebut dapat disaring untuk mengambil air sari patinya, dan saat air saringan tersebut telah dingin maka bisa diberikan kepada burung ciblek dengan meletakkan ditempat minumnya.

Pemberian buah mengkudu dalam bentuk air rebusan tersebut tidak boleh terlalu sering yakni cukup 2 atau 3 kali dalam seminggu saja. Atau juga pemberiannya cukup hanya seperlunya saja dan jikalau dirasa burung ciblek sudah dalam keadaan baik atau staminanya telah pulih maka pemberian air rebusan buah mengkudu dapat dihentikan.

Yup, sekian ulasan mengenai buah mengkudu yang bermanfaat bagi burung ciblek yang dapat menambah stamina dan menjaga kekebalan tubuhnya. Sehingga dengan membaca artikel ini maka kita tahu bahwa khasiat buah mengkudu tidak hanya bermanfaat bagi manusia tetapi untuk burung ciblek pun juga. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu
http://omkicau.com/2014/11/23/buah-mengkudu-untuk-mendongkrak-stamina-burung-ciblek/

Gambar:
1. http://vanarista.com/tehnik-dan-tips-budi-daya-buah-mengkudu.html

Mengenal Manfaat Buah Mengkudu bagi Burung Ciblek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top