Cara Cermat Melatih Burung Cucak Hijau Agar Tidak Terlalu Manja


Burung Cucak Hijau yang bernama ilmiah Chloripsis Sonnerati merupakan salah satu burung cucak-cucakan yang banyak digilai oleh para pecinta burung ocehan karena mempunyai tekstur tubuh yang unik yakni didominasi warna hijau pada sekujur tubuhnya dan kicauannya yang merdu. Sedari itu karakternya pun yang mudah jinak menjadi kelebihan tersendiri bagi burung ini begitu mudahnya dilatih dan mau diajak untuk berkicau. Tapi masalahnya bila burung Cucak Hijau terlampau jinak pada majikannya maka bisa mendatangkan masalah yakni burung akan kaku untuk tampil di depan umum saat acara kontes burung ocehan sebab ia hanya akan mau berkicau bila pemiliknya ada menemaninya.

Sedari itu dalam artikel ini diulas mengenai cara cermat untuk melatih burung Cucak Hijau agar tidak terlalu manja. Tujuannya agar sifat manja yang berlebihan pada burung Cucak Hijau dapat dikurangi dan tidak mengganggu penampilannya di depan umum. Pembahasannya ialah:


Gambar: Burung Cucak Hijau

  1. Hentikan pemberian makanan Jangkrik

    Jangkrik merupakan makanan yang tak bisa ditinggalkan untuk beberapa jenis burung ocehan termasuk burung cucak hijau karena dampak positifnya jangkrik dapat menjernihkan kicauan tapi dampak buruknya birahi burung Cucak Hijau menjadi meningkat dan membuatnya bisa semakin manja. Menghentikan pakan Jangkrik ini sifatnya sementara ketika burung Cucak Hijau sifatnya sudah normal maka bisa diberi pakan Jangkrik kembali.

  2. Letakkan burung pada tempat tersendiri

    Burung Cucak Hijau yang terlalu manja dapat ditangani dengan meletakkannya pada tempat tersendiri yang jauh dari keramaian dan tidak ada burung ocehan di sekelilingnya. Tujuannya agar burung dapat lebih tenang dan terbiasa untuk mau berkicau walaupun jauh dari pemiliknya.

  3. Lakukan pemandian rutin

    Burung Cucak Hijau yang terlalu manja dapat disebabkan karena birahinya yang begitu tinggi sehingga ia ingin selalu diperhatikan oleh pemiliknya. Cara penetralisirnya ialah dapat dengan memandikannya secara rutin yakni dapat diletakkan pada kerambah atau memandikannya secara langsung dan juga dapat meletakkan bak mandi di kandangnya agar ia sendiri yang mandi. Tapi yang perlu diingat jangan memandikan burung cucak hijau dengan cara disemprot menggunakan sprayer.

  4. Lakukan penjemuran pada pagi hari

    Salah satu cara menangani burung Cucak Hijau yang terlalu manja dapat dilakukan dengan melakukan penjemuran terhadap burung Cucak Hijau di bawah sinar matahari secara rutin. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan rentan waktunya pun paling lama satu jam. Ciri-ciri burung Cucak Hijau yang jarang mendapatkan sinar matahari atau jarang dijemur ialah ia akan mengepakkan salah satu atau bahkan kedua belah sayapnya saat dijemur pada pagi hari.

  5. Variasikan buah yang dimakannya

    Biasanya dalam keseharian burung Cucak Hijau makanan rutinnya ialah buah Pisang Kepok. Saat burung Cucak Hijau sedang mengalami over birahi atau manja yang berlebihan maka makanan pokoknya yakni Pisang Kepok dapat diganti untuk sementara waktu dengan buah Pepaya. Penggantian buah tersebut tak lain untuk merubah secara perlahan-lahan karakter burung Cucak Hijau yang manja berlebihan. Begitu juga untuk mendukung terapi ini berhasil dapat dilakukan beberapa hal seperti kurangi bersiul-siul atau memainkan tangan di hadapan burung Cucak Hijau agar secara perlahan-lahan mau berkicau walaupun pemiliknya tidak ada di sampingnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara untuk mengatasi burung Cucak Hijau yang terlampau manja. Sehingga dengan membaca artikel ini dapat membuat burung Cucak Hijau Anda tidak terlalu manja dan bisa berkicau merdu walaupun Anda tidak sedang berada di hadapannya.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2013/08/05/jangan-terlalu-memanjakan-cucak-hijau/
Gambar:
http://www.kaskus.co.id/thread/5236abb841cb17e516000001/burung-cucak-ijo

Cara Cermat Melatih Burung Cucak Hijau Agar Tidak Terlalu Manja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top