Mengulas Pohon Kersen Yang Diminati Burung Ocehan


Pohon Kersen? Ya, tentunya nama pohon tersebut tidak lagi asing terdengar oleh kita semua. Yang mana pohon tersebut banyak tumbuh di pinggir jalan atau bahkan mendiami pekarangan rumah kita. Di beberapa daerah mungkin nama pohon Kersen tidak begitu familiar yang lebih dikenal dengan nama pohon Ceri. Lalu hal apa yang mungkin kita kenal dari pohon Kersen adalah daun-daunnya yang lengket seperti bergetah dibagian bawahnya dan juga terdapat buah berukuran kecil yang rasanya manis bila sudah matang. Tapi disamping itu semua bahwa pohon Kersen mempunyai daya tarik untuk mengundang para burung kicauan liar mendatanginya.

Pohon Kersen yang bernama ilmiah Muntingia Calabura L adalah tumbuhan pepohonan yang dapat tumbuh hingga mencapai 12 meter dengan daun yang lebat yang tumbuh pada setiap rantingnya. Biasanya pohon kersen banyak terdapat di pinggiran jalan atau juga ditanam di pekarangan rumah sebagai pohon hias. Selain itu sifat dari pohon Kersen ialah cepat mengalami pertumbuhan terutama ditempat-tempat lembab sehingga keberadaannya dapat berada di mana saja seperti tepian sungai, pekarangan rumah, pinggir jalan, trotoar, dan tepian hutan. Di samping itu masyarakat juga memanfaatkannya sebagai tempat berteduh karena tingginya pohon ini dan rindangnya dedaunan serta buahnya sering dimakan oleh anak-anak dan juga digunakan untuk bermain.


Gambar: Pohon dan Buah Kersen

Sedang mengenai daya tariknya bahwa pohon Kersen juga banyak dikunjungi oleh burung-burung kicauan yang berukuran kecil hingga sedang untuk tempat berteduh dan memakan buahnya. Burung-burung pengicau yang umumnya banyak mengunjungi pohon kersen ialah burung Cabe, burung Cucak Hijau, burung Madu, burung Merbah, burung Pleci, dan lainnya. Tujuan para burung kicauan itu mendatangi pohon kersen kebanyakan adalah untuk mengambil buahnya yang sudah matang karena rasanya yang manis. Ciri buah dari pohon Kersen yang sudah matang ialah berwarna merah tua dan ukurannya cukup kecil seperti klereng.

Adapun yang perlu kita tahu bahwa dalam buah Kersen terdapat kandungan gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi burung ocehan. Yang mana nutrisi tersebut adalah air, lemak, protein, kalsium, serat, zat besi, Vitamin (B1 dan C), Niacin, fosfor, karotin, dan riboflavin. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah kersen ini membuat burung ocehan yang memakannya akan merasakan tulang yang semakin kuat, menambah stamina, dan tentunya memperindah kicauan. Maka dari itu tak salah bahwa pohon Kersen banyak dikunjungi oleh para burung kicauan.

Sebagai pakan selingan buah Kersen yang sudah matang bisa diberikan kepada burung ocehan tapi jangan yang telah membusuk. Pemberian buah Kersen sendiri dapat langsung diberikan begitu saja dengan terlebih dahulu mencucinya dan bisa juga memotong buahnya menjadi dua bagian lalu di gantungkan di atas sangkarnya. Oleh karena itu bila Anda ingin mengundang berbagai jenis burung kicauan ke arah tempat tinggal Anda dapat mencoba dengan menanam pohon Kersen. Sebab selain burung liar itu datang memakan buahnya juga mereka akan berkicau menemani pagi dan petang Anda.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2014/09/15/pohon-kersen-bisa-mengundang-burung-liar-buahnya-juga-bermanfaat-bagi-burung/
http://www.kesehatanpedia.com/2014/09/khasiat-buah-kersen.html
Gambar:
http://nyata.co.id/wp-content/uploads/2014/09/keres.jpg

Mengulas Pohon Kersen Yang Diminati Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top