Bolehkah Kacang Tanah Di Makan Burung Ocehan?


Burung ocehan untuk perawatannya dibutuhkan keseriusan dalam memperhatikan kondisi kandang, lingkungan sekitar, hingga makanannya. Sehingga kesehatan dan kejernihan kicauan burung ocehan tidak menurun dan bisa untuk dioptimalkan. Dalam pemilihan makanan para pemilik harus pintar dan teliti untuk memilih jenis makanan apa yang dapat diberikan pada burung kicauannya. Tujuannya tak lain agar burung ocehan tidak keracunan dan nutrisi makanan tersebut dapat diserap tubuhnya. Di antara banyaknya jenis makanan untuk burung ocehan terdapat satu jenis makanan yang sering diberikan pada burung ocehan pemakan biji dan buah-buahan. Yang nama jenis makanan tersebut ialah Kacang Tanah.

Kacang Tanah memiliki nama ilmiah Arachis Hypogaea L yang banyak diketemukan di Indonesia dan menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia. Bagi masyarakat Indonesia pemanfaatan Kacang Tanah seringnya ditanam dalam jumlah banyak untuk di jual dan diolah ke berbagai bentuk jenis makanan ringan. Menurut manfaatnya sendiri, Kacang Tanah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menambah stamina tubuh, dapat meminimalisir serangan penyakit jantung, bisa mengatur kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan banyaknya kelebihan dari Kacang Tanah membuatnya banyak dikonsumsi oleh orang-orang.


Gambar: Kacang Tanah

Nah, bagi burung ocehan sendiri Kacang Tanah biasanya diberikan pada burung kicauan yang makanannya berupa biji-bijian dan buah-buahan seperti burung Kenari, paruh bengkok, merpati, dan perkutut. Burung kicauan yang diberikan Kacang Tanah ialah hanya sebagai makanan alternatif yang dapat disajikan pada waktu-waktu tertentu saja artinya tidak tiap hari. Kacang Tanah dalam kandungan nutrisinya terdapat Lemak, Protein, Kalsium, Omega 3 dan Omega 9, Zat Besi, berbagai jenis vitamin (vitamin E, B Kompleks, K, dan A). Pada Kacang Tanah kandungan lemaknya tergolong agak tinggi yakni sekitar 40% sehingga bagi manusia yang mempunyai masalah dengan jerawat yang suka tumbuh diharapkan mengurangi atau jangan mengkonsumsinya. Sedangkan kandungan proteinnya cukup tinggi mencapai 26% mengalahkan jumlah protein pada telur dan daging.

Untuk manfaatnya sendiri bagi burung ocehan yang mengkonsumsinya, Kacang Tanah bermanfaat untuk menambah stamina pada burung ocehan, mengurangi tingkat stres, mampu menajamkan ingatannya dalam mengingat suara, dapat menstabilkan over birahi, dan bisa juga untuk menambah tingkat kesuburan bagi burung ocehan saat musim kawin tiba. Banyaknya manfaat kacang tanah untuk burung ocehan terlihat dari tingginya angka protein yang terkandung di dalamnya guna memenuhi unsur nutrisi protein nabati pada burung. Walaupun demikian, dengan tingginya kandungan lemak pada Kacang Tanah disarankan agar tidak memberi burung yang sudah cukup gemuk karena bisa mengganggu berat badannya.

Sedangkan untuk pemberian Kacang Tanah bagi burung ocehan sebaiknya beli kacang tanah yang masih mentah atau belum diolah. Selanjutnya, kacang tanah tersebut dapat diberikan langsung dengan mengupas kulit luar dan kulit ari-arinya atau juga dapat dengan mengolahnya dalam bentuk tepung atau dicacah menjadi bagian-bagian kecil. Selain itu kacang tanah dapat dimasak terlebih dahulu dalam panci tanpa menggunakan minyak. Lalu kacang tanah tersebut didinginkan dan bisa diberikan pada burung yang disesuaikan dengan bentuk paruh serta seleranya.

Demikianlah ulasan terkait dengan Kacang Tanah untuk burung ocehan yang diketahui bahwa boleh bagi burung ocehan untuk mengkonsumsinya namun jangan berlebihan. Jadi, bagi Anda yang tertarik tak salah untuk mencobanya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2014/08/07/manfaat-dan-kandungan-kacang-tanah-untuk-burung-peliharaan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_tanah
http://www.wesehat.com/2014/10/7-manfaat-kacang-tanah-untuk-kesehatan.html
Gambar:
http://www.jitunews.com/read/8419/protein-nabati-ini-sangat-bermanfaat-bagi-burung-kesayangan-anda-lho#axzz3RwADaQIc

Bolehkah Kacang Tanah Di Makan Burung Ocehan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top