Buah Pepaya, Buah Yang Berkhasiat Bagi Burung Ocehan


Buah pepaya? Tentunya siapapun sudah mengenal buah ini tentang bentuknya, rasanya, dan manfaatnya bagi kesehatan manusia. Bagi masyarakat di Indonesia kelezatan dari buah pepaya sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang menyegarkan dan enak. Dan juga keberadaan buah ini telah banyak dibudidayakan di hampir seluruh daerah di tanah air serta di berbagai pasar pun buah pepaya mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi adakah yang tahu bahwa buah pepaya juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh burung ocehan seperti kenari, love bird, pleci, anis, kutilang, dan masih banyak lagi. Karena buah pepaya juga berkhasiat bagi burung ocehan yang mengonsumsinya yang berpengaruh terhadap kesehatan burung ocehan tersebut. Sedari itulah dalam artikel ini akan diulas mengenai buah pepaya sebagai makanan yang bagus untuk burung ocehan.

Pepaya dalam bahasa latinnya disebut Carica Papaya L berasal dari Amerika Selatan lebih tepatnya di negara Meksiko di bagian selatan dan utara. Dan dalam penyebarannya buah Pepaya menyentuh daratan Asia Tenggara termasuk Indonesia hingga akhirnya saat ini buah pepaya sudah menjadi kegemaran bagi masyarakat yang diolah ke berbagai bentuk jenis makanan dan minuman. Buah-buahan yang umumnya dimakan oleh burung ocehan jenisnya ada banyak di antaranya pisang, timun, tomat, kelengkeng, dan lain-lain mempunyai khasiat yang terbukti dari kandungan gizinya yang dibutuhkan oleh burung ocehan. Begitu juga dengan buah pepaya yang juga mempunyai banyak khasiat yang bisa dilihat dari kandungan nutrisi yang ada dalam buah pepaya.

Nah, kandungan gizi yang terdapat pada buah pepaya yang perlu untuk diketahui sebelum dijelaskan mengenai khasiatnya ialah terkandungnya asam amino, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Untuk vitaminnya terdapat empat vitamin yaitu vitamin A, B kompleks, C, dan E, ada juga kandungan kalium, kalsium, zat besi, folat, dan serat makanan. Serta ditambahkan bahwa kandungan kalori dan kolesterol pada buah pepaya sangat rendah sekali sehingga sangat aman di makan burung ocehan dan tidak memberikan efek kegemukan jika dikonsumsi berlebihan.



Untuk khasiat dari buah pepaya ialah yang utama dapat mengurangi tingkat birahi burung ocehan. Di samping itu manfaat lainnya dari buah pepaya untuk burung ocehan adalah dapat menyehatkan saluran pencernaan sehingga bisa bekerja lebih lancar dan terhindar dari penyakit diare, buah pepaya juga bisa memperkuat tulang burung ocehan, dapat juga untuk mempercepat penyembuhan luka, dan dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang bisa menyerang burung ocehan.

Dan juga buah pepaya yang begitu manis sangat bermanfaat bagi burung ocehan yang memakannya untuk menambah staminanya karena rasa manis tersebut adalah kandungan gula yang berperan sebagai energi yang dibutuhkan oleh tubuh burung ocehan. Pemberian buah pepaya untuk burung ocehan dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya: pertama-tama; kupas buah pepaya dan berikanlah daging buah pepaya kepada burung ocehan, kedua; para pemilik burung ocehan dapat memotong daging pepaya sesuai dengan ukuran paruh burung ocehan, ketiga; daging buahnya dapat ditaruh di tempat makanannya atau di cucukkan pada sebatang lidi lalu diletakkan di tengah-tengah sangkarnya. Apiknya pemberian buah pepaya untuk burung ocehan tidak diberikan setiap hari melainkan divariasikan dengan buah-buahan lainnya agar burung ocehan tidak bosan dan tetap mau memakan buah pepaya.

Yup, demikianlah penjelasan mengenai buah pepaya yang sudah begitu akrab bagi masyarakat Indonesia dan juga betapa bermanfaatnya buah ini untuk burung ocehan yang sudah dijelaskan dalam artikel ini. Dengan membaca artikel ini Anda dapat memasukkan buah pepaya ke dalam daftar menu makanan harian burung ocehan kesayangan Anda. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.kicaumania.or.id/forums/content.php?103-Manfaat-Buah-Bagi-Burung-Kesayangan-Anda
http://www.kolomsehat.com/manfaat-dan-khasiat-buah-pepaya/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya

Gambar:
http://www.griyawisata.com/tourism-object/natural-a-cultural-conservation/artikel/manfaat-pepaya-untuk-tubuh

Buah Pepaya, Buah Yang Berkhasiat Bagi Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top