Jagung: Makanan yang Baik untuk Burung Kenari


Burung kenari adalah jenis burung ocehan yang mempunyai peminat yang sangat banyak sekali di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sehingga perawatan terhadap burung kenari menjadi perhatian khusus bagi pemiliknya untuk menjadikan burung kenari agar tetap sehat dan kicauannya semakin merdu saja. Nah, perawatan untuk burung kenari tidak hanya menyangkut kesehatan tubuhnya saja dan menjaga keindahan suaranya tetapi juga mencakup makanan yang baik dan bergizi untuk burung kenari. Artikel ini akan mengulas mengenai satu jenis makanan yang mempunyai mutu gizi yang baik untuk burung kenari yang bisa menjaga kesehatannya dan juga dapat memperindah kicauannya. Dan nama makanan tersebut adalah jagung.

Jagung merupakan makanan yang daya gizinya hampir seimbang dengan beras sehingga bagi manusia sering dijadikan sebagai makanan alternatif untuk menggantikan beras. Jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yang rata-rata sekitar 20% yang fungsinya dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh dan membantu dalam pertumbuhan tubuh makhluk hidup yang mengonsumsinya. Sehingga jagung tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja tetapi burung ocehan seperti kenari pun dapat memakan jagung.

Burung kenari yang diberikan pakan jagung umumnya ialah jagung muda yang kontur kulitnya masih lembut dan tidak berwarna kuning tua. Tujuannya ialah karena pada jagung muda masih tersimpan kadar nutrisi yang melimpah seperti zat gula sehingga mampu untuk menjaga kesehatan burung kenari misalnya mempercepat pertumbuhan tubuh burung kenari, menambah energi dan lain-lain. Dan juga baiknya jagung diberikan pada burung kenari yang masih muda karena bisa membantu percepatan pertumbuhannya dan mampu menjaga stamina burung kenari hingga dia dewasa.



Kandungan gizi atau nutrisi pada jagung sangat banyak sekali dan diantaranya ialah terdapat vitamin A, B, C, E, dan K yang menjadikan organ-organ tubuh tetap sehati seperti mata, tulang, jantung, dan lain-lain. Terdapat juga karbohidrat, energi, kalori, glukosa, folat, lemak, mineral, kalsium, sodium, dan masih banyak lagi. Dan untuk manfaat yang terdapat pada jagung yang dikonsumsi oleh burung kenari ialah dapat menambah stamina atau energi sehingga burung kenari tidak mudah lelah atau letih, bisa memperlancar saluran pencernaannya termasuk di bagian usus burung kenari dan terhindar dari penyakit diare. Manfaat jagung yang lainnya adalah mempercepat pertumbuhan tulang, merawat kulit sehingga melambatkan penuaan, dan menjaga penglihatan mata burung kenari.

Jagung yang diberikan untuk burung kenari seperti yang disebutkan pada paragraf di atas ialah jagung muda yang belum menua. Jagung yang akan diberikan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari kulit luar dan rambut-rambut yang menempel pada daging jagung setelah itu dapat dicuci dengan air bersih sampai bersih. Selanjutnya jagung tersebut dapat diberikan secara utuh kepada burung kenari dengan diletakkan di dalam sangkarnya atau dipisahkan antara daging jagung dengan tungkulnya sehingga burung kenari hanya menyantap dagingnya saja. Pemberian jagung ini juga dapat diselingi dengan menu makanan lainnya sehingga burung kenari tidak mudah bosan atau jenuh dengan makanannya. Dan disampaikan bahwa jagung bukanlah menjadi makanan pokok burung kenari melainkan hanya menu tambahan untuk memenuhi nutrisi tubuh burung kenari.

Sekianlah penjelasan yang dapat diurai mengenai jagung yang mengandung sejuta manfaat bagi makhluk hidup yang mengonsumsinya termasuk burung kenari. Dan bagi anda yang mempunyai burung kenari apalagi yang masih kecil dapat diberikan jagung sebagai makanan tambahannya agar nutrisi tubuhnya tercukupi dan kicauannya semakin merdu. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://ronggolawe.info/mengenal-extra-fooding-untuk-burung-kenari/
http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-jagung-manis-589.html
http://life.viva.co.id/news/read/261992-khasiat-jagung-muda-bagi-tubuh

Gambar:
http://i1.wp.com/thelunacafe.com/wp-content/uploads/2011/09/Corn-fresh-from-the-market.jpg

Jagung: Makanan yang Baik untuk Burung Kenari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top