Eksotisnya Burung Ocehan Bondol Hijau Binglis


Kenalkah anda dengan burung ocehan yang bernama bondol hijau binglis? Mungkin ada yang sudah mengenal burung ini dan ada juga yang masih bertanya-tanya tentang burung tersebut. Ya, artikel ini akan coba mengulas mengenai burung ocehan bondol hijau binglis yang penyebarannya terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Sedari itu para pembaca dapat membaca artikel ini sampai tuntas karena akan diketahui mengenai burung bondol hijau binglis yang terkait dengan ciri-ciri, habitat, karakter, dan sebagainya.

Burung bondol hijau binglis adalah jenis burung ocehan yang penyebarannya hanya terdapat di benua asia saja yang mencakup Thailand, Laos, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia penyebaran dari burung bondol hijau binglis terdapat di tiga daerah yakni Jawa, Sumatera, dan Kalimantan dengan penyebutan nama yang berbeda-beda pula. Ada beberapa nama untuk burung bondol hijau binglis yaitu pipit lansi, gelatik ngungu, tarehan, tarahan, dan rannas. Sedangkan di luar negeri lebih tepatnya di Eropa burung bondol hijau binglis mempunyai nama pin-tailed parrot finch.

Ciri-ciri fisik dari burung bondol hijau binglis berbeda antara jantan dan betinanya tapi secara umum ukuran tubuh dari burung bondol hijau binglis jantan dan betina adalah sama yakni 15 cm. Untuk yang jantan ciri-cirinya ialah terdapat warna hijau pada bagian atas tubuhnya, muka berwarna biru, pada bagian bawah tubuhnya terdapat warna kuning tua dan di tengahnya ada bercak merah, serta pada bagian tunggir dan ekornya berwarna merah. Sedangkan untuk betinanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: pada bagian atas tubuhnya didominasi warna hijau tua yang melingkupi muka dan kepalanya, sedangkan pada bagian bawah tubuhnya terdapat warna coklat terang pada bagian dadanya dan sedikit gelap di bagian bawah dadanya.



Burung bondol hijau binglis mempunyai nama latin Erythrura prasina yang habitat hidupnya ialah pada daerah berpohon dan terbuka seperti hutan, perbukitan, ladang, sawah, dan taman. Kebiasaan hidup burung ocehan ini ialah berkelompok dalam jumlah kecil dengan suka berpindah-pindah jika saat musim panen padi tiba untuk berburu makanan. Burung bondol hijau binglis termasuk jenis burung pemakan biji-bijian dan buah-buahan yang tampak dari bentuk paruhnya yang berbentuk corong seperti burung parrot.

Karakter atau sifat dari burung bondol hijau binglis ialah jenis burung pemalu yang kurang bisa berbaur dengan burung yang berbeda dengannya dan berjumpa dengan manusia. Sehingga dalam perawatan burung bondol hijau binglis sebisa mungkin jangan dibaurkan dengan burung ocehan lain yang tidak sama dengannya. Dan juga sediakan kandang dengan ukuran yang agak besar serta letakkan tempat makanannya di atas tangkringan tempat berpijak kakinya.

Nah, sedangkan untuk ciri-ciri suara dari burung bondol hijau binglis adalah suara kicauannya dikeluarkan saat makan di kelompoknya dan nadanya lemah serta tinggi dengan bunyi “zit zit zit”. Sehingga dengan adanya paduan keindahan antara paduan warna yang beragam dan suara yang merdu pada burung bondol hijau binglis maka keeksotisan dari burung ocehan tersebut begitu terpancar dan terlihat jelas.

Demikianlah uraian penjelasan mengenai burung ocehan bondol hijau binglis sedari itu bagi Anda yang tertarik dengan burung bondol hijau binglis dapat memeliharanya dan melatih kicauannya sampai menjadi burung ocehan yang master. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://omkicau.com/2013/03/13/perawatan-dan-penangkaran-burung-bondol-hijau-binglis-pin-tailed-parrot-finch/
2. http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/bondol-hijau-binglis/

Gambar:
http://ngoceh.us/menu/read/1439

Eksotisnya Burung Ocehan Bondol Hijau Binglis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top