Cara Sederhana Dalam Memandikan Burung Parkit


Mandi adalah kewajiban rutin yang dilakukan oleh hampir seluruh makhluk hidup di dunia ini termasuk untuk burung parkit. Bagi burung parkit dan burung ocehan lainnya yang jarang sekali dimandikan oleh pemiliknya maka berbagai jenis bakteri, kutu, tungau, dan virus akan menjangkiti burung parkit tersebut dan menyebabkan penyakit baru bermunculan.

Biasanya burung ocehan yang jarang dimandikan akan terkena penyakit kutuan yang bisa merusak bulu-bulu dan kulitnya. Di samping itu burung parkit yang jarang mandi akan lebih sering menggaruk-garukkan tubuhnya ke dinding sangkar yang mengakibatkan luka pada kulitnya. Dan juga akibat lainnya dari burung lainnya yang jarang mandi akan memudahkan telur-telur cacing yang berada di sela-sela bulunya dapat memasuki dalam tubuh burung parkit dan burung ocehan lainnya.

Sedari itulah memang sangat diperlukan mandi bagi semua jenis burung ocehan termasuk burung parkit untuk menangkal berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang burung parkit akibat jarang mandi. Tapi ada beberapa masalah yang dihadapi oleh pemilik burung parkit ketika ingin memandikan burung kesayangannya tersebut. Di mana masalahnya ialah burung parkit terkadang menolak untuk dimandikan ke dalam bak kecil yang sudah berisi air karena belum terbiasa dan merasa asing dengan tempat yang digunakan untuk memandikannya. Dari itu artikel ini memuat cara sederhana bagaimana agar burung parkit mau dimandikan baik dengan menggunakan bak mandi dan disemprot. Ya, inilah penjelasannya:

  • Membiasakan mandi di dalam bak mandi

    Burung parkit yang hidup di alam liar biasanya mandi di kolam-kolam kecil yang terdapat di hutan sehingga ketika burung parkit telah dipelihara oleh manusia maka belum tentu burung parkit bersedia untuk dimandikan pada tempat yang baru dikenalnya seperti bak mandi kecil. Nah, burung parkit yang masih belum terbiasa atau belum mau dimandikan tersebut dapat dilatih secara rutin yang tergantung dari kebutuhan mandi burung yakni dengan memasukkan burung tersebut di dalam sangkarnya dan setelah itu letakkan bak mandi kecil berupa piring dengan bentuk melengkung yang diisi air selanjutnya letakkan di dalam sangkarnya.



    Saat baru pertama kali hal tersebut dilakukan mungkin burung parkit akan menolak dimandikan sedari itu juga coba perlahan-lahan dorong pelan-pelan burung tersebut untuk masuk ke dalam cawan kecil yang berisi air tersebut agar mau mandi. Cobalah cara tersebut secara rutin minimal seminggu sekali agar timbul keberanian dan keterbiasaan bagi burung parkit untuk mandi sendiri di dalam kerambanya yang ditaruhkan bak kecil yang berisi air.

  • Memandikan burung parkit dengan menyemprotnya

    Burung parkit yang sulit untuk dimandikan terdapat beberapa cara agar mudah memandikannnya yang salah satunya ialah dengan cara menyemprotnya menggunakan sprayer yang diisi air bersih sampai basah. Ada dua cara dalam memandikan burung parkit dengan cara disemprot yaitu memegangnya terlebih dahulu dengan satu tangan yang jangan sampai memegangnya terlalu kencang setelah itu semprotkan air dari sprayer ke burung parkit yang ingin dimandikan. Semprot merata air ke seluruh bagian tubuh burung parkit sehingga bisa menghilangkan kuman-kuman dan bakteri yang tersangkut di tubuh burung parkit.

    Tapi dalam menyemprot burung parkit untuk memandikannya jangan sampai mengenai wajahnya karena bisa melukai bagian kelopak matanya. Dan cara kedua ialah dengan menyemprotnya saat berada di kandang/sangkarnya karena tidak semua burung parkit dapat dengan mudah dipegang oleh manusia tanpa latihan sebelumnya sehingga biarkan burung parkit di dalam sangkarnya dan mandikanlah ia dengan menyemprotnya dari luar.

    Tujuan menyemprot ini di samping membersihkan tubuhnya dari kuman dan bakteri berbahaya, burung parkit juga bisa menghilangkan stresnya dan menjinakkannya. Dan cara ini digunakan untuk menjinakkan burung parkit atau burung ocehan lainnya yang liar atau beringas.

Yup, itulah kedua cara sederhana yang bisa dicoba untuk memandikan burung parkit yang sulit untuk dimandikan. Semoga dengan cara memandikan burung parkit yang sederhana tersebut dapat menjaga kesehatan dan menghilangkan bakteri berbahaya pada burung parkit kesayangan Anda semua. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2014/07/01/bagaimana-melatih-dan-memandikan-burung-parkit/

Gambar:
http://omkicau.com/2014/07/01/bagaimana-melatih-dan-memandikan-burung-parkit/melatih-parkit-mandi/

Cara Sederhana Dalam Memandikan Burung Parkit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top