Khasiat dari Buah Kelengkeng untuk Burung Ocehan


Burung ocehan yang tampak gacor, bernyali besar, dan kicauan yang merdu, serta stamina yang kuat tidak selalu berasal dari makanan yang berasal dari hewani saja seperti jangkrik, belalang, dan ulat. Tetapi dalam berbagai jenis makanan lainnya seperti buah-buahan juga terdapat asupan nutrisi yang cukup untuk membuat burung ocehan mempunyai kicauan yang merdu, stamina yang tahan lama, dan menjadi imun tubuh agar tidak terjangkit penyakit.

Ada beberapa jenis buah yang umumnya dikenal sebagai makanan burung ocehan ialah buah pisang, semangka, pepaya, jeruk, dan masih banyak lagi. Yang kesemua jenis buah-buah tersebut mengandung glukosa/gula yang berperan dalam menambah stamina dalam tubuh dan berbagai khasiat lainnya. Nah, ada satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan oleh burung ocehan pemakan buah-buahan seperti pleci. Nama buah tersebut adalah buah kelengkeng.

Buah kelengkeng adalah jenis tanaman buah-buahan yang banyak hidup di Indonesia dan memang berasal dari Asia Tenggara. Nama buah ini cukup banyak yakni lengkeng, mata kucing, dan longan yang penyebutannya tergantung dari daerah masing-masing. Ciri-ciri dari buah kelengkeng sendiri ialah bentuknya bulat, kulit luar berwarna kuning kecokelatan, licin, terdapat bintik-bintik pada kulit buah kelengkeng, dan tipis. Sedangkan untuk daging buahnya ialah berwarna putih bening yang transparan, biji yang berwarna hitam, dan banyak mengandung air.

Keberadaan buah kelengkeng di Indonesia tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja melainkan oleh makhluk hidup yang lain seperti burung ocehan. Tidak semua dari jenis burung ocehan mau memakan buah kelengkeng yang berada di alam liar tapi hanya beberapa saja seperti burung pleci. Kandungan nutrisi atau gizi yang terdapat pada buah kelengkeng ialah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C , sukrosa, glukosa, lemak, protein nabati, dan senyawa fitokimia. Dan untuk kadar gula yang terkandung dalam buah kelengkeng mencapai 15,23 gram termasuk cukup tinggi dan kadar airnya sekitar 83%.



Nah, buah kelengkeng mempunyai berbagai macam khasiat yang bermanfaat bagi burung ocehan yang mengonsumsinya di antaranya ialah dapat membuat burung ocehan menjadi lincah, aktif, dan rajin berkicau. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dalam buah tersebut yang tinggi yang berfungsi sebagai tenaga atau energi sehingga burung ocehan jarang mengalami kelelahan. Khasiat lainnya dari buah kelengkeng ialah untuk memperlancar pencernaan pada burung ocehan sehingga bagi burung ocehan yang sulit mengeluarkan kotoran dapat diberikan buah kelengkeng untuk melancarkan sistem saluran pencernaannya.

Dan juga buah kelengkeng berkhasiat untuk menambah nafsu makan burung ocehan yang lagi ngedrop atau stres. Sedari itu bagi burung ocehan yang baru sembuh dari sakit atau sedang dalam perawatan dapat diberikan buah kelengkeng untuk memperbaiki nafsu makannya yang memburuk. Dan juga satu hal yang terpenting bahwa buah kelengkeng juga dapat menjadi obat penenang bagi burung ocehan yang lagi stres karena kandungan senyawa yang ada dalam buah kelengkeng dalam melenturkan kinerja saraf dan menormalkan detak jantung.

Pemberian buah kelengkeng untuk burung ocehan dapat diberikan setiap hari atau diselingi dengan berbagai jenis buah-buahan lainnya. Kupas terlebih dahulu kulitnya dan pisahkan biji dari buah kelengkeng lalu berikanlah daging buahnya saja untuk disantap oleh burung ocehan. Atau kalau burung ocehan tersebut sudah terlatih dan bisa membuka kulit buah tanpa kesulitan maka dapat diberikan buah kelengkeng secara utuh kepada burung ocehan tersebut yang mengonsumsinya.

Inilah penjelasan ringkas dari buah kelengkeng yang mempunyai beragam khasiat untuk burung ocehan yang mengonsumsinya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2014/03/21/memilih-buah-buahan-manis-untuk-burung-pleci/
http://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng
http://www.manfaatnya.com/manfaat-buah-kelengkeng-untuk-kesehatan/

Gambar:
http://clas.web.id/wp-content/uploads/2014/06/kelengkeng.jpg

Khasiat dari Buah Kelengkeng untuk Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top