Resep Eggfood Sebagai Ekstra Fooding Burung Tledekan


Setiap burung kicauan yang kita pelihara perlu diberikan perawatan berupa ekstra fooding atau makanan tambahan. Fungsi pemberian EF sangat baik untuk memenuhi asupan gizi yang mungkin kurang bila diperoleh burung dari pakan kesehariannya saja. Dengan pemberian EF juga sebagai upaya dalam menjaga kondisi performa burung untuk tetap fit sekaligus melindungi burung dari kerentanan terserang penyakit.

Ada banyak jenis pakan yang bisa dijadikan ekstra fooding, dari mulai pakan alami seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong sampai pakan olahan. Nah, salah satu pakan olahan yang sangat baik dijadikan sebagai ekstra fooding adalah eggfood.

Eggfood adalah pakan olahan yang berbahan dasar telur. Biasanya dijadikan sebagai ekstra fooding untuk burung kicauan, khususnya yang penyuka buah-buahan dan biji-bijian seperti parkit, love bird, pleci, kenari dll. Dari bahan dasar yang dipakai (telur), Eggfood jelas memiliki nilai kandungan protein yang tinggi. Oleh karena itu, memberikan eggfood pada burung kicauan sebagai ekstra fooding menjadi sangat baik.

Ada suatu hal yang menarik mengenai pakan olahan eggfood yang dilakukan di luar negeri yaitu di Eropa. Di sana, pakan eggfood malah banyak dijadikan sebagai ekstra fooding pada burung penyuka pakan serangga seperti burung tledekan/sulingan. Mereka mengolah eggfood dengan mencampurkan pada pakan favorit burung tersebut. Hasilnya luar biasa, olahan pakan Eggfood ternyata juga disukai dan berdampak semakin rajin berkicau atau gacornya burung tledekan tersebut.


Pakan Eggfood

Burung tledekan seperti yang kita kenal adalah murni sebagai burung kicauan pemakan serangga. Sulit atau bahkan tidak akan mau burung tledekan diberi pakan lainnya misalnya seperti buah-buahan. Itulah kenapa, baik dari pakan harian atau pakan tambahan (ekstra fooding) haruslah selalu berkaitan dengan serangga. Para penghobi di Indonesia sendiri banyak memakai kroto sebagai pakan ekstra fooding untuk burung jenis ini.

Sebenarnya belajar dari apa yang dilakukan penghobi di luar negeri kepada burung tledekan ini patut juga untuk diterapkan sebagai alternatif ekstra fooding untuk burung tledekan. Mengingat pemberian ekstra fooding seperti kroto sekarang sudah semakin mahal harganya, selain itu keberadaan kroto segar yang susah dicari dan tidak selalu tersedia di pasar juga menjadi masalah.

Nah, bila anda tertarik untuk menggunakan eggfood sebagai ekstra fooding burung tledekan anda, berikut resep pengolahannya : Bahan : Telur (1 butir), Serangga (bisa jangkrik, belakang, atau ulat hongkong), Susu atau Tahu. Alat : Blender. Cara pengolahan : Telur yang sudah anda siapkan direbus sampai matang. Bila sudah, masukkan telur ke dalam blender beserta serangganya lalu kemudian silakan diblender supaya halus/lembut. Bila tidak ada blender, bisa juga ditumbuk secara manual namun pastikan benar-benar halus sampai menjadi butiran-butiran kecil. Supaya benar-benar halus, tambahkan tahu atau susu bubuk yang telah diberi air sedikit. Baru blender atau tumbuk kembali sampai menjadi bubuk. Bila benar-benar sudah menjadi seperti bubuk, pakan olahan eggfood pun telah selesai dan bisa diberikan.



Sebagai ekstra fooding bagi burung tledekan, pakan olahan eggfood ini juga bernilai kandungan gizi yang tidak kalah dengan kroto. Oleh sebab itu, resep olahan pakan eggfood ini sangat baik anda terapkan setidaknya sebagai pengganti ekstra fooding bagi burung tledekan pada khususnya dan burung kicauan pemakan serangga pada umumnya.

Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 1 : http://www.kenarian.com/product/egg-food-kenarian/
Pic 2 : http://manuk.info/kiat-mudah-memilih-burung-tledekan-berkualitas/
Sumber Referensi :
http://omkicau.com/2013/01/02/egg-food-sebagai-pengganti-kroto-studi-kasus-burung-tledekan/

Resep Eggfood Sebagai Ekstra Fooding Burung Tledekan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top