Tips Agar Burung Ocehan Mau diberi Makan Voer


Voer adalah pakan olahan yang dibuat untuk menjadi pilihan alternatif bagi pakan burung ocehan yang praktis, hemat, dan efisien. Banyaknya merek-merek pakan voer yang beredar di pasaran saat ini menunjukkan kebutuhan pakan voer sebagai pakanan pokok terhadap setiap jenis burung ocehan masih tinggi.

Pakan Voer selalu menjadi pilihan ketika banyaknya penghobi yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurus ketersediaan pakan alami burung kicauan peliharaan mereka. Selain itu, harga pakan alami yang terus melonjak naik juga menjadi alasan penggunaan pakan voer bagi penghobi karena harga produk voer masih tergolong stabil.

Karena itulah hampir semua burung kicauan yang ada di Indonesia diberi pakan voer. Padahal sejatinya pakan voer bukan pakan yang biasa dikonsumsi setiap burung kicauan di alam liar. Maka tidak heran, bila banyak burung kicauan yang sulit untuk mengonsumsi voer. Apalagi burung-burung yang diperoleh dari hasil penangkapan di hutan biasanya perlu waktu untuk melatihnya agar terbiasa diberi pakan voer.

Beda bila burung tersebut diperoleh dari hasil penangkaran, biasanya sejak masih anakan pun burung ini telah diberi pakan voer sehingga sudah terbiasa sejak dini. Oleh sebab itu, perlu sebuah trik dalam melatih burung-burung kicauan yang sulit diberi pakan voer tersebut agar mau mengonsumsinya dan menjadi terbiasa.

Tips Latihannya

Ada dua model latihan yang bisa kita terapkan untuk melatih burung ocehan terbiasa makan voer. Masing-masing model latihan tergantung dari jenis pakan alami burung ocehan itu sendiri, apakah burung tersebut di alam liar pakanan favoritnya adalah serangga atau buah-buahan. Walaupun secara umum kedua model latihan ini pada dasarnya adalah sama, hanya penggunaan pakan dalam latihannya saja yang berbeda.



Untuk jenis burung ocehan seperti murai batu, kacer, anis merah, tledekan dll yang merupakan pemakan serangga bisa menerapkan latihan sebagai berikut :

  • Sebelumnya pastikan pada saat itu burung dalam keadaan lapar.
  • Siapkan pakan voer yang terlebih dahulu sudah dilembutkan, di sini kita akan mencoba untuk memperkenalkan pada lidah burung ocehan tersebut.
  • Siapkan juga pakan serangga favoritnya, seperti ulat hongkong atau juga kroto.
  • Taruh pakan favoritnya tersebut pada wadah dalam sangkar dengan juga menaburkan voer yang sudah lembut tadi, sehingga ulat hongkong atau kroto tercampur dengan pakan voer. Bisa juga anda menambahkan sedikit air agar tumbukan voer dapat benar-benar lengket atau menyatu dengan pakan favoritnya.
  • Lakukan cara itu dengan perbandingan 3/1, dengan porsi pakan serangga yang lebih banyak sampai beberapa hari ke depan.
  • Setelah itu, mulai kurangi porsi pakan favoritnya secara bertahap, sampai pada titik anda menemui burung ocehan itu mulai makan voer. Hal ini bisa dilihat dari bentuk kotorannya yang sudah berubah dengan adanya sisa pakan voer pada kotorannya.
  • Jika benar sudah demikian, berikan pakan voer yang lebih kasar, dengan juga mencampurkan pakan voer yang lembut tadi. Ini untuk melatih burung ocehan untuk benar-benar mau makan voer.
  • Bila anda sudah melihat dengan jelas burung tersebut sudah mau mengonsumsi voer secara nyata, anda pun sudah bisa menaruh pakan voer untuk menjadi pakan pokok burung ocehan tersebut.

Sedangkan untuk burung ocehan pemakan buah-buahan seperti cucak rowo, cucak ijo, cucak jenggot, dll maka tips latihan melatih burung ocehan itu untuk makan voer adalah sebagai berikut :

  • Cara latihannya juga hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja di sini pakan yang kita pakai adalah buah-buahan seperti pisang atau pepaya sesuai pakan favorit burung ocehan ini.
  • Pada pisang atau pepaya yang ingin kita berikan pada burung tersebut ditaburi dengan pakan voer yang lembut pada permukaannya.
  • Lakukan hal itu sampai beberapa hari ke depan, dan semakin lama taburan voer pada permukaan buah-buahan itu semakin tebal dan banyak porsinya.
  • Terapkan cara ini secara terus-menerus. Sebagai penambah, pada pisang atau pepaya yang anda gantungkan di kandang, tepat pada bagian bawahnya diberi tempat pakan yang berisikan voer. Moga-moga apabila ada potongan buah yang jatuh masuk pada tempat pakan voer tadi, burung tersebut mau memakannya sehingga mempercepat burung itu untuk mau makan voer.
  • Lihat perkembangan burung tersebut dengan mengamati perubahan pada kotorannya, apakah sudah mau makan voer atau belum. Jika belum tetap lakukan hal yang sama, sampai burung terbiasa dengan perawatan itu. Percayalah lama-kelamaan dia akan mau mengonsumsi voer secara total.
  • Sebaliknya bila burung ocehan sudah menunjukkan mau makan voer, anda tentu sudah berhasil dalam latihan tips ini, dan sudah bisa memberikan pakan voer sebagai pakan pokok sehari-hari.

Dan perlu diingat, bila pada akhirnya burung ocehan anda sudah mau mengonsumsi pakan voer, untuk tetap jangan lupa memberikan pakan alaminya juga sebagai penunjang kebutuhan gizi burung ocehan itu, karena bagaimanapun juga kandungan gizi tentunya lebih banyak didapatkan dari pakan-pakan alami.

Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
http://burungkicaumu.blogspot.com/2011/11/membuat-pakan-untuk-insectivore-birds.html
Referensi Tulisan :
http://ilmukicau.blogspot.com/p/cara-melatih-mb-makan-voer-c-ara.html
http://cantiknanmerdu.blogspot.com/2014/03/melatih-burung-makan-voer.html

Tips Agar Burung Ocehan Mau diberi Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top