Ingin Merawat Si Cantik Burung Lovebird? Simak dulu cara perawatannya!


Apakah Anda penggemar si cantik burung Lovebird? Jika iya, tentunya Anda harus mengetahui lebih detail mengenai burung cantik ini. Itu artinya, Anda harus lihai dan cerdik apabila ingin merawatnya. Apalagi jika Anda merawat burung cantik ini dengan tujuan ingin mengikuti sebuah ajang perlombaan.

Mulai dari kandang/ sangkarnya, makanannya, asupan gizinya, sampai perawatannya pun harus benar-benar diperhatikan. Karena untuk merawat burung ini harus diperlakukan seperti kebiasaan burung tersebut ketika hidup di alam bebas.

Dalam pemberian asupan gizinya, burung cantik ini sebaiknya tidak boleh diberikan jumlah makanan yang banyak mengandung lemak secara berlebih karena dapat mengakibatkan burung Lovebird menjadi gemuk sehingga malas untuk bergerak dan berkicau.



Hal yang paling penting dalam perawatan burung cantik Lovebird, lakukan perawatan berikut ini :

  1. Berikan asupan makanan sayuran segar seperti brokoli, kecambah/ tauge, bayam, kangkung, dan jagung setiap hari secara bergantian di tiap harinya. Berikan juga buah-buahan seperti pisang dan pepaya setiap 2 – 3 minggu sekali.
  2. Gantilah air minum di dalam kandang/ sangkarnya setiap hari untuk menjaga kesehatan burung Lovebird.
  3. Lakukan pemandian cairan antiseptik dengan cara menyemprotkan cairan tersebut dari atas. Hal ini bertujuan agar bulu burung Lovebird tidak rusak dan mencegah timbulnya kutu.
  4. Jangan lupa bersihkan kandang/ sangkarnya setiap hari agar dapat mencegah timbulnya bibit penyakit bagi si burung.
  5. Lakukan penjemuran burung secara teratur setiap hari. Pada pagi hari 30 menit dari pukul 07.00-07.30 WIB. Pada siang sampai sore hari dari pukul 10.00-15.00 WIB. Dan masukan kembali ke dalam rumah, setelah burung Lovebird diangin-anginkan atau dimandikan setelah 30 menit dari penjemuran sore pukul 15.00 WIB.
  6. Berikan extra fooding secara bervariasi di setiap harinya
  7. Saat mengalami masa mabung, berikan asupan makanan yang cukup, untuk pengembangan dan pertumbuhan bulu-bulu baru agar dapat tumbuh sesempurna mungkin.
    Apa itu masa mabung?
    Masa mabung merupakan masa di mana burung cantik Lovebird ini menuntun agar diberi perhatian lebih oleh pemiliknya. Karena apa?
    Ya, itu karena pada masa mabung ini biasanya bulu yang hilang sebelumnya dapat tumbuh kembali, dan selama pertumbuhan bulu tersebut burung Lovebird akan menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuhnya.
    Nah, untuk mendapatkan dan memiliki bulu baru yang sebaik mungkin, Anda harus :
    • Jauhkan segala jenis cacing, kutu, dan mikroba lainnya dari tempat/ wadah makanan burung berada.
    • Pastikan menempatkan kandang/ sangkar burung di tempat dan ruangan yang bersih agar dapat terhindar dari virus dan bibit penyakit lainnya yang dapat menyerang tubuh burung Lovebird.
    • Lakukan pemandian 1x seminggu dan lakukan juga proses penjemuran maksimal 30 menit setiap hari.
    • Berikan pakan makanan tambahan seperti pemberian biji-bijian bunga matahari dan kacang hijau, karena pada masa mabung sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel dan pertumbuhan bulu baru yang akan tumbuh.
    • Berikan juga cairan multi vitamin berkualitas seperti Bird Molting yang dicampur dengan air minum setiap dua kali dalam seminggu. Multi vitamin ini sangat diperlukan untuk burung Lovebird yang sedang mengalami masa mabung, sehingga Anda tidak perlu khawatir burung Lovebird peliharaan Anda kekurangan energi tubuh pada masa mabung tersebut.

Nah, bagaimana cukup mudah kan merawat burung cantik Lovebird ini?
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dalam pemeliharaan Si Cantik Burung Lovebird.
Terima kasih.

Oleh : Fitriyana Suhendi
Referensi materi : Winaris, Imam Wahyu. 2011. Cara-Cara Sakti Merawat Beragam Jenis Burung Lomba. Jogjakarta: DIVA Press.
Referensi foto : http://www.mongabay.co.id/2013/12/04/lovebird-si-kicauan-merdu-penghuni-sangkar-emas/

Ingin Merawat Si Cantik Burung Lovebird? Simak dulu cara perawatannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top