Burung Ocehan Madu Hitam


Burung ocehan yang berasal dari keluarga Nectariniidae mempunyai jenis yang sangat banyak sekali dan salah satunya ialah burung Madu Hitam. Burung ini merupakan burung endemik asli Indonesia dan mempunyai suara kicauan yang tak kalah merdu serta nyaring dibanding dengan burung ocehan yang telah terlatih. Dan di samping itu juga, selain menawarkan keindahan kicauannya yang merdu burung madu hitam memiliki bentuk tubuh dan bulu yang sangat indah dan menawan mata yang memandangnya. Dan itulah yang coba di uraikan dalam artikel ini untuk mengulas mengenai burung ocehan madu hitam.

Dikatakan di atas bahwa burung madu hitam merupakan burung endemik asal Indonesia yang keberadaannya hanya terdapat di daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua. Terbatasnya tempat daerah penyebarannya menjadikan burung ini tergolong burung yang rentan dengan ancaman kepunahan karena disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya ialah perburuan liar. Di samping itu, di alam liar burung madu hitam biasa menempati tempat-tempat seperti daerah tepian hutan, daratan rendah, hutan mangrove, dan juga di perkebunan masyarakat. Dan dalam penyebarannya di daratan hutan Indonesia, burung madu hitam mempunyai 23 sub spesies lebih yang tersebar di berbagai daerah di Sulawesi, Maluku, hingga ke Papua.


Gambar 1. Burung Madu Hitam

Ciri-ciri fisik dari burung madu hitam ialah dilihat ukuran tubuhnya hanya sekitar 11 cm saja. Dan untuk warna tubuhnya berbeda antara yang jantan dengan yang betinanya. Untuk yang jantan ialah warna tubuhnya didominasi dengan warna hitam yang meliputi di bagian wajah, sayap, perut, hingga ke bagian ekornya. Di samping dominasi warna hitam terdapat pula paduan warna lain seperti warna ungu mengkilap tampak di bagian dadanya, warna biru laut terang terdapat di bagian pangkal kedua sayapnya, di atas kepalanya terdapat semburan warna hijau dan biru.

Bentuk paruh dari burung madu hitam sendiri ialah agak memanjang dengan bentuk yang agak bengkok ke bawah yang berwarna hitam pekat. Sedangkan pada yang betinanya mempunyai ciri-ciri yang pada kepalanya berwarna abu-abu, perutnya tampak berwarna kuning pucat, punggung dan sayapnya berwarna kuning zaitun yang ada bercak hitamnya, bagian wajah, bawah dagu, hingga ke pangkal dada berwarna ke abu-abuan. Serta bentuk paruhnya juga memanjang dan melengkung ke bawah.

Sedangkan untuk ciri khas dari suara kicauan burung madu hitam ialah terdengar agak mendesis dengan nada yang tinggi, terdapat juga rangkaian nada-nada dalam kicauannya yang identik dan terdengar agak tinggi. Dan nada yang terangkai tersebut bersambung dengan cepat serta diikuti nada pada getaran yang agak lambat dan terdengar rendah.

Di alam liar burung madu hitam biasanya mencari makanan di tempat terbuka dan makanannya sendiri ialah nektar pada bunga, buah-buah kecil, dan bahkan bunga pun menjadi santapannya. Dan juga pandangan sebagian masyarakat burung madu hitam seringkali disamakan dengan burung kolibri karena sama-sama mempunyai paruh yang melengkung ke bawah.

Dan demikianlah ulasan terhadap burung ocehan Madu Hitam yang mempunyai corak warna tubuh yang sangat indah dan warna kicauannya yang alami dari alam. Sehingga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua akan burung madu hitam. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2014/10/08/burung-madu-hitam-nan-eksotis/
http://id.wikipedia.org/wiki/Burung-madu_hitam

Gambar:
1. http://www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2011/11/BM-Hitam.jpg

Burung Ocehan Madu Hitam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top