Mengenal Keunikan Burung Pijantung Kecil


Ada banyak sekali jenis burung ocehan di Indonesia dan hanya sedikit saja yang diketahui oleh masyarakat kita seperti burung murai batu, kenari, dan love bird. Namun di antara banyaknya burung ocehan yang terkenal tersebut terdapat satu jenis burung ocehan yang tak kalah merdu kicauannya. Yakni burung ocehan yang kurang familiar tersebut adalah burung Pijantung Kecil.

Burung Pijantung Kecil mempunyai nama ilmiah Arachnothera Longirostra yang daerah penyebarannya di Indonesia berada di daerah Sunda Besar, Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Sedangkan di luar negeri keberadaan burung Pijantung Kecil dapat di temui pada negara Cina, India, Asia bagian tenggara, Filipina, dan semenanjung di Malaysia.

Burung ini masuk dalam keluarga Nectariniidae yang sering dipersepsikan sama dengan jenis burung pemakan sari bunga yakni burung Kolibri. Hal tersebut didasari terdapatnya sedikit kemiripan dari kondisi fisik antara burung pijantung dengan burung kolibri dari sisi ukuran badan dan paruhnya. Sehingga hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi burung Pijantung Kecil.


Gambar 1. Burung Pijantung Kecil

Untuk ciri-ciri fisiknya, burung Pijantung Kecil mempunyai ukuran yang memang agak kecil yakni hanya sekitar 15 cm saja. Di mana pada bagian atas tubuhnya mempunyai warna hijau seperti zaitun, warna kuning terang tampak di bagian bawah tubuhnya. Pada tenggorokan yang berbatasan dengan dadanya mempunyai corak warna putih keabu-abuan. Iris matanya tampak berwarna coklat, kakinya berwarna nila kebiruan, dan ekornya berukuran sedang. Sedangkan paruhnya mempunyai ukuran panjang yang melengkung di mana warna bagian atas paruhnya ialah warna hitam dan pada bagian bawah paruhnya berwarna putih ke abu-abuan.

Sedangkan ciri khas kicauan dari burung Pijantung Kecil ialah terdengar cukup tajam dan biasanya burung ini berkicau saat ia sedang terbang. Dan penyebarannya di Indonesia dapat dijumpai pada pekarangan, hutan perbukitan, dataran yang rendah, hutan sekunder, dan perkebunan masyarakat. Dan juga kebiasaan dari burung Pijantung Kecil yang hidup di alam liar ialah suka bersembunyi di antara rimbunnya pepohonan pada siang hari sehingga burung ini mempunyai sifat yang cukup pemalu.

Di alam liar burung Pijantung Kecil menyukai nektar sebagai makanan pokoknya. Nektar yang dicari oleh Pijantung Kecil untuk dimakannya berasal dari bunga-bunga yang tumbuh di hutan. Di samping itu juga, burung Pijantung Kecil memakan buah-buahan sebagai tambahan nutrisi yang tak kalah manis dibandingkan dengan nektar sebagai makanan pokoknya.

Dan juga saat berada di alam liar, burung pijantung kecil membangun sarangnya di bawah dedaunan pisang yang terbuat dari serat dan potongan daun yang sudah tua, lalu dieratkan dengan jaring laba-laba dengan bentuk seperti kantung kecil. Saat musim berkembang biak tiba, burung Pijantung Kecil dapat bertelur sebanyak 2 butir dengan ciri-ciri berwarna putih, dan terdapat bintik-bintik merah pada telurnya.

Demikianlah ulasan terhadap burung Pijantung Kecil yang sering disamakan dengan burung kolibri padahal secara fisik dan kebiasaan burung Pijantung Kecil mempunyai ukuran yang agak besar dan kebiasaannya cukup pemalu terhadap makhluk asing yang mendekatinya. Sedari itu, semoga membaca artikel ini dapat untuk menambah pengetahuan bagi kita semua terkhusus untuk burung Pijantung Kecil.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2014/05/24/beberapa-jenis-burung-pijantung-dan-suara-kicauannya/
http://www.biodiversitywarriors.org/isi-katalog.php?idk=618&judul=pijantung-kecil

Gambar:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e6/Little_spiderhunter_India.jpg

Mengenal Keunikan Burung Pijantung Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top