Mengenal Cacing Tanah Sebagai Makanan Burung Ocehan


Pernahkah melihat atau memegang cacing tanah? Pastinya sebagian di antara para pembaca ada yang sudah melihat dan memegangnya secara langsung. Dan sebagian lagi mungkin merasa jijik atau takut untuk memegang cacing tanah karena bentuknya yang panjang, liat, dan sedikit berair. Ya, cacing tanah umumnya dikenal oleh masyarakat sebagai umpan untuk memancing berbagai jenis ikan yang berada di sungai, danau, rawa, atau tempat yang berisi air tawar.

Di samping itu cacing juga diketahui bahwa cacing sangat bermanfaat untuk menggemburkan tanah atau membantu menghancurkan bahan-bahan organik yang terdapat di dalam tanah sehingga memperkaya kandungan mineral yang terdapat di dalam yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Tapi adakah yang tahu bahwa cacing tanah juga bisa digunakan sebagai makanan burung ocehan?

Ya, perlu diketahui bahwa berbagai jenis burung ocehan yang sudah tenar di antaranya burung murai batu, kenari, love bird, kacer, beo, kakak tua, dan masih banyak lagi memakan jenis makanan yang berbeda-beda diantaranya jangkrik, belalang, buah-buahan, biji kenari, dan sayur-sayuran. Tapi di alam liar banyak dari burung ocehan juga mengonsumsi cacing tanah untuk memenuhi nutrisi tubuhnya. Ciri-ciri fisik dari cacing tanah ialah warna tubuhnya merah kecokelatan dan ukuran tubuhnya panjang dengan rata-rata 10 sampai 15 cm.

Dari jenisnya cacing tanah mempunyai empat jenis di antaranya Lumbricus, Pheretima, Perionyx, dan Lumbricus Rubellus yang berbeda satu sama lain. Dan keberadaan atau habitat dari cacing tanah ialah di dalam tanah yang subur atau lahan-lahan pertanian dan persawahan. Sehingga banyak orang-orang yang mencari cacing tanah di tempat-tempat yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan.



Ketenaran dari cacing tanah sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk digunakan sebagai bahan makanan untuk ikan hias, ikan di kolam, ayam, itik, angsa dan lain-lain. Sedari itu cacing tanah sudah banyak dibudidayakan karena menjanjikan dari segi bisnis dan cara membudidayakan juga tidak sulit dengan biaya yang murah atau terjangkau. Biasanya orang-orang untuk mendapatkan cacing tanah dapat dicari di tanah-tanah yang subur atau bisa membelinya di tempat pembudidayaan cacing untuk makanan ikan.

Nah, untuk kandungan nutrisi pada cacing tanah perlu diketahui sangat dibutuhkan oleh burung ocehan untuk menambah energi, memerdukan kicauan, dan lain-lain. Dan kandungan nutrisi pada cacing tanah ialah protein asam amino sekitar 60% sampai 70%, kandungan lemak sekitar 7% sampai 10%, energi sekitar 900 sampai 4100 kalori per gram, dan kandungan abu sekitar 8% sampai 10%.

Burung ocehan yang biasanya memakan cacing tanah sebagai makanan harian atau selingan di antaranya ialah burung anis merah, anis kembang, kacer, dan lain-lain. Dan burung ocehan pemakan biji-bijian seperti kenari jarang sekali menyukai cacing untuk dimakannya. Pemberian cacing tanah untuk dikonsumsi burung ocehan ialah pertama-pertama cacing tanah tersebut dicuci terlebih dahulu dengan air bersih hingga hilang tanah atau kotoran yang menempel di sisi badan cacing tanah, kedua, berikan cacing tanah yang sudah bersih tersebut kepada burung ocehan dengan diletakkan di tempat makanannya. Dan perlu diperhatikan bahwa jangan pernah berikan burung ocehan cacing tanah dalam kondisi yang sudah mati dan berbau karena bisa menjadi penyakit bagi burung ocehan yang menyerang pencernaannya.

Demikianlah penjelasan mengenai cacing tanah yang sudah lama dikenal untuk ikan dan unggas. Tapi burung ocehan juga banyak yang mengonsumsi cacing tanah baik di alam liar maupun yang dipelihara oleh manusia. Nah, bagi anda yang mempunyai burung ocehan seperti anis dan kacer dapat memberikan burung ocehan anda tersebut cacing tanah yang mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi perkembangan tubuhnya. Okey.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2014/02/02/bagaimana-memberikan-pakan-serangga-cacing-dan-ikan-kecil-kepada-burung/
http://indobird.com/article/article_detail.asp?cat=4&id=95

Gambar:
http://intisari-online.com/read/manfaat-cacing-tanah-bagi-kehidupan

Mengenal Cacing Tanah Sebagai Makanan Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top